Puluhan Ibu Hamil di Serdang Bedagai Ikuti Vaksinasi Dosis Pertama

JABARNEWS | SERDANG BEDAGAI – Puluhan ibu hamil dan ibu menyusui di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara mengikuti vaksinasi massal dosis pertama yang di gelar di balai desa Sei Rejo, Kecamatan Sei Rampah.

Kadis Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, dr Bulan Simanungkalit mengatakan, tujuan vaksinasi ibu hamil untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap sesuatu penyakit tertentu. Apabila terpapar, ibu hamil tersebut tidak merasa sakit dan hanya mengalami sakit ringan.

Baca Juga:  Warga Bendung Rentang Majalengka Antusias Sambut Asian Games

“Vaksinasi terhadap ibu hamil untuk membantu meringankan penyakit bila terpapar dan memberikan kesehatan pada bayi yang ada dalam kandungan,” katanya.

Kata dia, ibu hamil memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah, sehingga lebih rentan untuk mengidap penyakit atau terinfeksi. Bila terpapar Covid-19 dapat berisiko mengalami persalinan preterm, keguguran, hingga kematian.

Baca Juga:  Baksos, Imigrasi II TPI Cirebon Gelar Fun Bike

“Dengan telah di vaksin, nantinya akan terbentuk kekebalan tubuh kelompok (herd Immunity). Kelompok ini akan membuat anak tetap sehat walau tidak di imunisasi,” kata Bulan.

Baca Juga:  HMI: Dewan Pengawas KPK Sebagai Kontrol Kinerja

Kata dia, untuk pelaksanaan vaksinasi bagi ibu hamil dan ibu menyusui, Dinas Kesehatan menurunkan sebanyak 8 tim vaksinator berasal dari Puskesmas Sei Rampah. Selama vaksinasi peserta wajib mematuhi protokol kesehatan dan menerapkan 5M.

“Vaksinasi dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat,” terangnya. (Ptr)