Manfaat Mengkonsumsi Pare Bagi Penderita Diabetes

JABARNEWS | BANDUNG – konsumsi pare ternyata bermanfaat bagi pasien diabetes (diabetes) karena buah ini mengandung tiga zat aktif yang bisa menurunkan kadar gula darah. Pare juga bisa membantu diabetesi menjaga pola makan seimbang.

Namun, kalian tetap harus berhati-hati saat makan pare untuk menurunkan gula darah. Hal tersebut, bisa berdampak buruk jiga asal mengkonsumsinya.

Baca Juga:  Angka Kematian Covid-19 Tertinggi Kedua di Jabar, Ini Langkah Pemkab Tasikmalaya

Efek konsumsi pare terhadap gula darah

Banyak orang yang menghindari konsumsi buah pare karena rasa pahitnya. Namun, ternyata buah ini banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk penyakit kronis, termasuk diabetes.

Pare mengandung tiga komponen yang bersifat antidiabetik atau berkaitan dengan penurunan kadar gula dalam darah, yaitu charantin, vicine, dan polypeptide-p.

Baca Juga:  Ada Bendera Merah Putih Terpanjang Di Sungai Winong

Studi tahun 2015 dalam jurnal Journal of Lipid menyebutkan ketiga komponen ini bisa bekerja sendiri-sendiri maupun bersama-sama dalam mengurangi kadar gula darah.

Charanti merupakan zat aktif yang memberikan efek langsung terhadap kadar gula darah. Sementara vicine dan polypeptide-p bekerja selayaknya hormon insulin, yaitu membantu penyerapan glukosa (gula darah) oleh sel-sel tubuh.

Baca Juga:  Partai Berkarya Daftarkan Bacaleg Ke KPU

Selain itu, pare memiliki kandungan lektin yang bisa mempengaruhi kerja otak untuk menekan nafsu makan. Fungsi pare ini tentunya dapat membantu pasien diabetes untuk menjalani pola makan yang teratur.

Di sisi lain, pasien diabetes yang sedang menurunkan berat badan bisa menghindari asupan makanan yang berlebih karena manfaat pare ini. (Red)