Pohon Tumbang di Wanayasa Purwakarta, Jalan Sempat Tertutup

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebuah pohon randu setinggi sekitar 6 meter tumbang di Jalan Terusan Kapten Halim, tepatnya di Lancadarah perbatasan Kecamatan Pondoksalam dan Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kejadian pohon tumbang itu dipicu oleh hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang sekitar pukul 16.30 Wib. 

Akibat dari pohon tumbang, akses jalan bagi kendaraan kendaraan sempat tertutupi, sehingga kendaraan tak bisa melintas..

Sekertaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Juddy Herdiana mengatakan, pihaknya menerima laporan pohon tumbang dari masyarakat sekitar pukul 17.00 WIB dan langsung menuju lokasi. 

Baca Juga:  Bocah Tertangkap Satpol PP Saat Memancing di Kantor Bupati Bandung

Menurutnya, penyebab pohon tumbang akibat hujan deras yang disertai angin kencang.

“Menurut warga, pohon tiba-tiba tumbang menghalangi hampir seluruh bandan jalan di Lancadarah, sebelumnya angin kencang dan hujan deras,” katanya.

“Pohon randu yang tumbang ke jalan mengakibatkan kemacetan di ruas jalan tersebut,” ujar Juddy.

Baca Juga:  Warga Bekasi Digugat Pengembang Perumahan Gegara Bangun Tempat Ibadah

Ia mengatakan, pihaknya menerjunkan 2 unit tim yakni Regu 1 KRR dan DPKPB Regu 1 UPTD Wanayasa untuk menangani masalah pohon tumbang saat berada di lokasi langsung memotong pohon agar tidak menghalangi jalan.

“Dua tim kami terjunkan dan di bantu Satpol PP, Personel Polri, Dishub, Dinas Tata Ruang dan Pemungkiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta, Perhutani dan Warga setempat. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut,” kata pria yang pernah menjabat Camat Purwakarta itu.

Baca Juga:  Tingkatkan Kemampuan, Prajurit Yonarmed 9 Pasopati Kostrad Ikuti Latihan UST Seksi

Juddy mengatakan, penanganan selesai sekitar pukul 18.20 Wib atau sekitar 80 menit. Pihaknya selanjutnya melakukan pendataan, pengecekan peralatan dan kelengkapan personil.

“Saat ini jalan sudah bisa dilintasi oleh kendaraan dengan lancar. Meski demikian, kami mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dan waspada saat berkendara serta tidak berada atau beraktivitas di bawah pohon apabila terjadi angin kencang dan hujan deras,” pungkasnya. (Gin)