Krisdayanti Ungkap Penghasilan Fantastis Anggota DPR RI, Segini Nilainya

JABARNEWS | BANDUNG – Anggota DPR dari Fraksi PDIP, Krisdayanti mengungkap nilai uang yang fantastis buat legislator di Senayan. Jika ditotalkan, dalam setahun anggota DPR RI dapat mengantongi lebih dari Rp1 miliar.

Krisdayanti mengaku mendapatkan puluhan juta rupiah dari gaji dan tunjangan. Kemudian ada dana aspirasi dan dana kunjungan daerah pemilihan (kundapil) yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

Krisdayanti pun mengaku mendapat penghasilan ratusan juta rupiah setiap bulan semenjak duduk sebagai wakil rakyat. Dia mengaku mendapat gaji sebanyak dua kali dalam waktu berbeda setiap bulan, dengan nilai total Rp75 juta.

Baca Juga:  Kemenag Sebut Sidang Isbat Awal Ramadhan Akan Digelar 12 April

Hal tersebut diungkap Krisdayanti dalam sebuah wawancara bersama politikus Partai NasDem Akbar Faizal, yang diunggah di YouTube dengan akun Akbar Faizal Uncensored.

“Setiap tanggal 1, Rp16 juta ya. (Lalu) tanggal 5, Rp59 juta,” ujar Krisdayanti dikutip dari YouTube dengan akun Akbar Faizal Uncensored, Rabu (14/9/2021).

Akbar Faizal yang merupakan anggota DPR periode 2014-2019 kemudian menimpali pengakuan Krisdayanti tersebut. 

Akbar Faizal berkata bahwa nominal Rp16 juta merupakan gaji pokok. Sementara uang Rp59 juta adalah tunjangan anggota dewan.

“Jadi Rp16 juta itu gaji pokok, Rp59 juta itu tunjangan-tunjangan komunikasi segala macam,” kata Akbar Faizal.

Baca Juga:  Bangun Sinergitas Mahasiswa-DPRD Lakukan Komunikasi Politik

Krisdayanti pun mengaku juga memperoleh sejumlah pendapatan di luar gaji dan tunjangan. Pertama ialah dana aspirasi sebesar Rp450 juta, yang diberikan sebanyak lima kali dalam satu tahun.

“Dana aspirasi itu memang wajib untuk kita, namanya juga uang negara. Dana aspirasi kita itu setiap reses, Rp450 juta. Lima kali dalam setahun, kita juga harus menyerap aspirasi, artinya di setiap 20 titik, di setiap kehadiran kita,” kata Krisdayanti.

Krisdayanti menyebut bahwa dirinya juga mendapat dana kunjungan daerah pemilihan (kundapil). Menurutnya, nominal dana kundapil sebesar Rp140 juta dan turun sebanyak delapan kali dalam satu tahun.

Baca Juga:  Bupati Tetapkan 71 Nama Jalan Di Kawasan Ini

“Kundapil, saiki kita Rp140 juta. Delapan kali (dalam setahun),” kata Krisdayanti, yang merupakan istri Raul Lemos.

Krisdayanti untuk pertama kalinya menjadi anggota DPR setelah mendulang suara terbanyak di dapil Malang Raya pada Pemilu 2019. Ia meraih 1312.131 suara

Perolehan suara Krisdayanti itu melampaui suara calon legislatif petahana seperti Ahmad Basarah, Andreas Eddy Susetyo, Lathifah Shohib, Kresna Dewanata Phrosakh, Ridwan Hisjam, Totok Daryanto, dan Nurhayati Ali Assegaf. (Red)