Dalam Konferensi JOIC, Uu Ruzhanul Ulum Kukuhkan Pancasila Sumber Konstitusi Indonesia

JABARNEWS | BANDUNG – Jawa Barat menjadi tuan rumah Judicial Organization Islamic Conference (JOIC) atau Konferensi Mahkakah Konstitusi Negara – negara OKI yang diselenggarakan 15-17 September 2021.

Konferensi kedua ini dilakukan di Kota Bandung tepatnya Hotel Pullman, Jalan Diponegoro, secara hybrid dan dibuka Presiden Joko Widodo, Kamis (16/9/2021).

Penyelenggaraan di Indonesia merupakan amanat konfenresi pertama yang digelar di Turki 15 Desember 2018 atau jauh sebelum pandemi Covid-19 mengguncang.

Baca Juga:  Jadi Wisata Baru di Garut, Ini Keistimewaan Puncak Intan Dewata

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang menghadiri konferensi merasa bangga Jabar untuk pertama kali menjadi tuan rumah event internasional saat pandemi. Pemilihan Jabar tidak lain karena kasus Covid-19 sedang dalam tren menurun.

“Saya merasa bangga karena Jabar dijadikan tuan rumah kegiatan berskala internasional. Delegasi berbagai negara Islam pun hadir langsung, ada juga yang mengikuti secara virtual,” kata Uu Ruzhanul Ulum.

Baca Juga:  Dampak Pergerakan Tanah di Desa Pasirbaru Sukabumi, Dua Rumah Rusak Berat

Dia berharap konferensi ini menghasilkan kesepakatan dan rencana kerja yang membawa manfaat bagi masyarakat masing-masing anggota.

Konferensi ini, lanjut Uu Ruzhanul Ulum, menjadi momentum bagi Indonesia meneguhkan Pancasila sebagai dasar konstitusi Indonesia yang merupakan negara demokratis muslim terbesar di dunia.

Baca Juga:  Bayi Tujuh Bulan yang Dikubur Hidup-Hidup di Purwakarta Meninggal

Melalui konferensi ini, masing-masing negara anggota dapat bertukar pikiran mengenai dasar konstitusi masing-masing negara dan menghasilkan putusan hukum yang adil dan tidak melanggar HAM warganya.

Konferensi diikuti 32 negara OKI dan mitra kerja sama dalam negeri. Hadir secara langsung ke Bandung delegasi dari Turki dan Pakistan, sisanya mengikuti secara virtual dari negara masing-masing. (Red)