Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata Akan Dilakukan di Kota Tasikmalaya

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Pemerintah Kota Tasikmalaya akan melakukan uji coba pembukaan tempat wisata di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Uji coba pembukaan tempat wisata itu untuk menguji penerapan protokol kesehatan (prokes), sebelum adanya pembukaan bagi masyarakat umum saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 2.

“Kita uji coba pembukaan kemudian minta ke OPD (organisasi perangkat daerah) terkait untuk melakukan monitoring,” kata Sekretaris Daerah Pemkot Tasikmalaya Ivan Dicksan kepada wartawan di Tasikmalaya, Senin (20/9/2021).

Baca Juga:  Mayat Bayi Hanyut di Selokan, Polres Sukabumi Gerak Cepat Amankan Seorang Perempuan

Ia menuturkan, Pemkot Tasikmalaya masih menerapkan PPKM Level 3. Tempat wisata akan dibuka untuk umum apabila sudah mencapai PPKM Level 2, dengan tetap ada batasan kunjungan agar tidak terjadi kerumunan.

Untuk itu, lanjut Ivan, Pemkot Tasikmalaya melakukan uji coba terkait konsisten dan keseriusan pelaku usaha wisata dalam disiplin menerapkan prokes untuk mencegah penularan COVID-19.

Baca Juga:  Ini Indikator Penilaian Lomba Desa

“Apakah mereka bisa konsisten untuk menerapkan prokes atau tidak, kalau tidak bisa kita tutup,” katanya.

Ia menyampaikan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tasikmalaya sudah melakukan persiapan dan berkomitmen dengan pelaku usaha wisata untuk mematuhi aturan-aturan dalam mencegah dan memutus penularan COVID-19.

“Ini laporan dari Disparbud melakukan persiapan dulu, artinya ada komitmen dari tempat wisata untuk menerapkan prokes,” katanya.

Baca Juga:  Pedangdut Dewi Perssik Sempat Jadi Guru Ngaji

Terkait penerapan aplikasi sistem Peduli Lindungi, Ivan memastikan akan diberlakukan sesuai arahan langsung dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Selain itu, lanjut dia, Pemkot Tasikmalaya terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi COVID-19 agar terwujud kekebalan kelompok. “Vaksin terus kita gencar,” katanya. (Red)