Saat Dicek DPRD Jabar, SLB di Kota Cimahi Ini Kondisinya Memprihatinkan

JABARNEWS | CIMAHI – Nasib Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Kota Cimahi sangat memprihatinkan karena tidak memiliki fasilitas yang memadai, Kondisi SLB tersebut kini sangat membutuhkan perhatian lebih dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat karena keterbatasan ruang kelas sehingga Unit Kesehatan Sekolah (UKS) digunakan untuk sarana belajar.

Anggota Komisi V DPRD Jabar Ade Kaca mengaku kaget dan sangat prihatin saat meninjau langsung kondisi sekolah yang dia menemukan ruang UKS dijadikan ruang kelas untuk melakukan pembelajaran.

“Saya sangat prihatin, hampir 2 tahun saya menjadi anggota DPRD, sudah muter juga ke SMA/ SMK/SLB seluruh kabupaten/kota di Jawa Barat, baru kali ini saya menemukan SLB yang ada di tengah kota dengan kondisi yang sangat memprihatinkan, bisa dilihat sendiri ini ruang UKS tapi dipake ruang kelas, sangat tidak layak sekali,” kata Ade saat melakukan peninjauan ke SLB Negeri 2 Kota Cimahi, Senin (20/9/2021).

Baca Juga:  Soal Peringatan Hari Jadi Garut, Ini Kata Rudy Gunawan

Dia menjelaskan, SLB itu dari segi fasilitas seharusnya memiliki keistimewaan dari sekolah-sekolah pada umumnya karena kondisi fisik para siswanya yang memang harus mendapat perhatian khusus.

Baca Juga:  Begini Cara Meningkatkan Imun Tubuh Agar Terhindar Dari Penyakit

“Karena dalam sudut pandang saya SLB itu harus memiliki fasilitas lebih karena kondisi fisik siswa nya juga kan memprihatinkan,” ujaranya.

Pihaknya pun akan segera menindak lanjutinya dengan mengundang pihak terkait yaitu Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, karena menurutnya ini adalah masalah yang serius.

“Saya akan usul ke pimpinan komisi V untuk secepat nya mengadakan rapat dengan dinas pendidikan, kepala sekolah kami akan undang, KCD sudah tentu kita undang agar semuanya clear,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SLB Negeri 2 Cimahi Budi Setiono mengharapkan jika pihaknya ingin segera dilakukan peremajaan terhadap sekolah tersebut, karena dirinya merasa aneh jika ada SLB yang letaknya di tengah kota namun kondisinya sangat memprihatinkan.

Baca Juga:  Dinas Pangan Jabar Distribusikan 500 Unit Pompa Air

“Idealnya ruang terapi ada, ruang keterampilan nya ada, tata boga dan busana juga harusnya ada lengkap,” ungkap Budi.

“Kami ingin secepatnya sekolah ini dibuat layak, sebelum di cimahi ini saya mendapat tugas di subang dan sumedang, disana fasilitasnya komplit, saya suka nangis dan kaget kok di kota tempat nya seperti ini, sangat prihatin sekali,” pungkasnya. (Red)