Ternyata Minyak Jelantah Bisa Dijadikan Sabun Cuci Piring, Begini Cara Buatnya

JABARNEWS | BANDUNG – Ada sejumlah cara membuat sabun cuci piring sendiri di rumah! Selain lebih hemat, kamu pun bisa mencampurkan formula yang lebih efektif membuat kotoran dan bakteri musnah.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Cukup gunakan bahan-bahan yang bisa ditemukan di mana saja. Hal ini bisa kalian aplikasikan langsung di rumah. Lalu bagaimana cara membuatnya?

Baca Juga:  Sompie: Imigrasi Harus Berikan Kemudahan Pelayanan Kepada Masyarakat

Berikut cara membuat sabun cuci piring dari minyak jelantah yakni:

Minyak goreng bekas digunakan untuk memasak setiap harinya alias minyak jelantah sebaiknya tidak dibuang. Sebagai solusinya, kamu bisa memanfaatkan limbah tersebut untuk dijadikan sabun cuci piring.

Caranya, Bakar arang terlebih dahulu agar bara aktif. Rendam ke dalam minyak jelantah selama 24 jam agar minyak menjadi jernih. Lalu Saring minyak yang sudah jernih. Setelah itu, masukkan air ke dalam wadah yang berbeda

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Jawa Barat Butuh 20 Rumah Sakit Baru

Lalu, masukkan soda api ke dalam air (jangan sampai terbalik memasukkan air ke dalam soda api) dan bisa kalian aduk serta tunggu selama beberapa detik hingga menjadi air alkali.

Baca Juga:  PWI Gelar OKK Ciptakan Wartawan Profesional di Cianjur

Setelah itu, tuang campuran air alkali ke dalam wadah minyak jelantah yang telah disaring. Lalu aduk dan tuangkan 2 sendok makan pewangi. Tunggu selama 12 jam hingga bahan yang cair berubah menjadi padat. Setelah padat, keluarkan dari wadah dan potong-potong. (Red)