DPMDes Jabar Sebut 538 Desa Sudah Terjangkau Vaksinasi Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Provinsi Jawa Barat melakukan vaksinasi masif di sejumlah desa melalui Gebyar Vaksinasi Jabar Juara bertajuk Merdeka Covid-19.

Kepala DPMDes Jabar Bambang Tirtoyuliono mengatakan, melalui Gebyar Vaksinasi Jabar Juara pihaknya telah melakukan vaksinasi secara masif kepada 52.778 orang di 174 desa.

“Jumlah itu belum termasuk 364 desa yang waiting list, dengan target sasaran 228.282 orang,” kata Bambang, ketika dihubungi, Kamis (23/9/2021).

Baca Juga:  Pengedar Narkoba Asal Tebing Tinggi Berusaha Kabur dari Polisi

Sehingga yang sudah terjangkau vaksin sebanyak 538 desa dengan total potensi orang tervaksin di desa sebanyak 281.060, di mana sebagiannya sudah dicapai.

Menurut Bambang, untuk memberikan pelayanan vaksinasi secara keliling kepada masyarakat, DPMDes memanfaatkan Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) yang memiliki desain unik. Dengan Maskara warga yang tinggal di desa-desa terpencil dengan mudah memperoleh layanan vaksinasi.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Kecam Aksi Bully Disabilitas di Cirebon: Tindak Sesuai Prosedur Hukum!

“Di samping mobil Maskara, Pendamping Posyandu Juara (PPJ) dan Patriot Desa juga ikut digerakkan untuk menyukseskan menuju 37 juta warga Jabar yang divaksin,” tuturnya.

“Setiap kegiatan vaksinasi massal, PPJ dan Patriot Desa akan hadir memobilisasi warga ke sentra-sentra vaksinasi,” tambahnya.

Per 23 September 2021, total warga Jabar yang sudah divaksin dosis pertama 14.124.624 orang dan dosis kedua 7.119.642 orang. Sementara target akhir yang harus divaksin 37.907.814 dan harus selesai akhir Desember 2021.

Baca Juga:  Bikin Resah Gegara Sebar Tanah Kuburan, Lansia Diduga Dukun Ditangkap Warga Sukanegara Pangandaran

Diketahui, lima daerah tertinggi cakupan vaksinasi Kota Bogor, Kota Bandung, Kota Cimahi, Kota Cirebon, Kota Sukabumi. Sementara lima daerah terendah yakni Kabupaten Tasikmalaya, Ciamis, Cianjur, Kab Bogor, Kab Cirebon. (Red)