Ragam Jenis Ikan Sapu Hias Cantik, Bisa Bikin Aquarium Tetap Bersih

JABARNEWS | BANDUNG – Termasuk kedalam kategori ikan air tawar, ternyata ikan sapu hias memiliki banyak jenisnya. Selain memiliki corak yang indah, ikan ini juga bisa bikin aquarium tetap bersih.

Namun, kebanyakan orang jarang mengetahui ragam jenis ikan sapu hias ini. Padahal, salah satunya bisa menjadi koleksi aquarium yang menarik untuk dipandang. Lalu apa saja jenisnya?

Berikut beberapa jenis ikan sapu hias yang jarang diketahui yakni:

Baca Juga:  Tony: Kehadiran Bobotoh Menambah Motivasi

Pertama. Leopard Frog Pleco – Memelihara macan tutul alias leopard dalam akuarium mungkin bukan jadi ide yang terdengar masuk akal bagi sebagian orang, tapi beda halnya dengan spesies ikan hias yang satu ini.

Leopard frog pleco memiliki karakteristik sisik yang berwarna hitam kuning dengan pola garis-garis yang cantik. Ukurannya mampu mencapai 10-11 cm jika dipelihara dengan baik.

Baca Juga:  Optimalkan Sosialisasi Untuk Pilgub Jabar, Uu Kembangkan Laskar RINDU

Kedua. Synodontis – Kelebihan yang ditawarkan oleh jenis ikan sapu sapu berikut ini tidak hanya pada pola unik yang ada di tubuhnya.

Ukuran sirip yang panjang dan lebar pada spesies ini membuatnya jadi terlihat cantik ketika sedang berenang di dalam akuarium. Dijamin bisa bersaing dengan ikan hias aquascape yang lainnya.

Ketiga. Xingu Baryancistrus – Berasal dari Brazil layaknya leopard frog pleco, spesies bernama latin Baryancistrus xanthellus merupakan penghuni sistem sungai Amazon. Ikan yang juga dinamakan gold nugget pleco ini dapat tumbuh sampai ukuran 15-20 cm di habitat aslinya.

Baca Juga:  Ini Imbauan Kapolrestabes Bandung Untuk Mudik Lebaran

Coraknya badannya yang menawan tampil dengan dasar hitam pekat dengan pola polkadot warna kuning cerah hingga ke bagian ekor membuat jenis ikan sapu sapu hias ini cocok untuk dijadikan tambahan koleksi akuarium kamu. (Red)