Upacara Hari Pahlawan di Makorem 063/SGJ Cirebon

JABAR NEWS | KOTA CIREBON - Kepala Staff Korem 063/SGJ Letkol Arm Wahyu Widodo memimpin pelaksanaan upacara Hari Pahlawan yang dilaksanakan di lapangan Makorem 063/Sunan Gunung Jati (SGJ) Cirebon. Berindak sebagai Komandan Upacara Kapten Arm Kasudiyono dan diikuti oleh prajurit dan ASN Korem 063/SGJ dan Disjanjajaran Korem 063/SGJ.
Dalam amanat Mentri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Kepala Staff Korem 063/SGJ Letkol Arm Wahyu Widodo menyampaikan, Bung Karno pernah menegaskan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua.
"Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republlk Indonesia," ucapnya.
Dalam setiap rangkaian perjuangan kepahlawanan yang membentuk lndonesiaan, kita dapat mengambil pelajaran dari apinya perjuangan para pendahulu. Api yang menjadi suasana kebatinan dan pelajaran moral bagi kita semua yakni, api yang membentuk terbangunnya persatuan Indonesia yang terdiri atas dua hal.
Dua tersebut adalah adanya harapan dan pengorbanan! Harapan dan pengorbanan itulah yang membentuk persatuan dan melahirkan Indonesia, merawat eksistensinya dalam panggung sejarah bangsa-bangsa, dan harus terus dinyalakan agar Republik Indonesia tetap berdiri tegak, menjadi besar dan terus memberi sumbangan penting sebagai bagian dari persaudaraan ummat manusia di dunia.
"Republik Indonesia yang berdiri atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa ini dapat kita terus nikmati kemerdekaannya, karena para pahlawan pendahulu kita mengajarkan kepada kita keteladanan akan rela berkorban. Bung Karno mengingatkan berkala-kali dalam berbagai pidatonya, bahwa kehidupan bernegara Republik Indonesia ini hanya bisa terwujud dan menjadi lebih baik dan maju kalau kita semua mau berkorban, mau memberi dan mau mengabdikan hidup untuk merawatnya!," tuturnya.
Mengakhiri amanatnya Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk terus berjuang, bekerja, berkarya menjadi pahlawan bagi lingkungan, pahlawan bagi masyarakat maupun pahlawan bagi negeri ini.
Dalam kesempatan tersebut dibacakan pesan-pesan pahlawan oleh Lettu Chb (K) Elly Guslia N, diantaranya pesan pahlawan nasional Ir. Soekarno yang menyampaikan “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah tapi perjuanganmu akan sulit karena melawan bangsamu sendiri”.
Pesan tersebut sangat lugas menyiratkan bahwa kita masih mempunyai pekerjaan yang belum selesai, dan harus diselesaikan untuk menggapai apa yang dicita-citakan para pejuang kemerdekaan dan seluruh rakyat Indonesia. (Red)
Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait