SMK Taruna Sakti Purwakarta Peringati Hari Pahlawan

JABAR NEWS | PURWAKARTA - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, ratusan pelajar SMK Taruna Sakti Purwakarta didampingi sejumlah guru lakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Sirna Raga, Purwakarta, Jumat (10/11/2017).
Sebelum acara ziarah dan tabur bunga di Makam Pahlawan, para siswa terlebih dahulu melakukan upacara untuk mengenang jasa para pahlawan di halaman sekolah.
Kepala SMK Taruna Sakti Purwakarta, Yayang Gilang Sonjaya mengatakan, kegiatan ziarah ini merupakan bentuk penghormatan terhadap para pejuang yang telah mengorbankan nyawanya untuk memerdekakan Republik Indonesia.
Selain itu, kegiatan ini juga kata ia, untuk memupuk kecintaan terhadap NKRI. Melalui ziarah itu juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme di kalangan pelajar dan pemuda Kabupaten Purwakarta.
"Para pemuda harus kuat dan memahami perjuangan para pahlawan dulu. Sehingga pemuda dan pelajar Kota Serang bisa berkontribusi aktif dalam pembangunan Purwakarta ke depan," ujarnya.
Menurutnya, kemerdekaan yang dimiliki dan bisa dinikmati generasi penerus saat ini harus bisa diisi dengan baik. "Kalimat sarat filosofis di Pembukaan UUD 1945, yakni “Merdeka, Bersatu, Berdaulat, Adil dan Makmur” menjadi panduan bangsa Indonesia dalam proses perjuangan, mulai dari jaman penjajahan hingga jaman kemerdekaan, seperti saat ini.
"Perjuangan harus terus dilakukan oleh segenap bangsa ini demi mewujudkan kedaulatan sehingga tercipta tujuan akhir yang dinantikan segenap bangsa Indonesia, yakni adil dan makmur," ucapnya. (Rhu)
Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait