Nila Nirwana Adalah Ikan Unggulan Dari Purwakarta

JABAR NEWS | PURWAKARTA - Ada banyak jenis ikan Nila unggulan di Indonesia, salah satu nya adalah ikan Nila Nirwana. Ikan ini merupakan hasil perbaikan genetik yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Benih Ikan Air Tawar (BPBIAT) Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat sejak beberapa tahun yang lalu dan mulai dirilis tahun 2006.
Dian selaku Kasi Kelembagaan Usaha Bidang Perikanan pada Dinas Perikanan dan Peternakan Purwakarta mengatakan, ikan Nila Nirwana berhasil diciptakan oleh BPBIAT Wayasaya menjadi ikan yang unggul dan mempunyai berbagai kelebihan lain dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya.
"Untuk usaha budidaya ikan kami sangat mendukung membudidayakan ikan Nila Nirwana. Pasanyal ikan ini perkembangannya bagus dan daya tahan tubuhnya kuat dan itu yang diharapkan para pembudidaya untuk usahanya," kata Dian.
Dian menjelaskan ikan Nila Nirwana memiliki keunggulan dibandingkan ikan mujair dan ikan Mas. Dagingnya putih, tebal, padat dan tidak berduri. Karena itu ikan ini banyak digemari di luar negeri.
[caption id="attachment_11308" align="alignleft" width="720"] Ilustrasi- Ikan Nila Nirwana[/caption]
Selain itu ikan Nila Nirwana ini, lebih cepat besar, sehingga sangat cocok untuk budidaya. Hanya dalam waktu 6 bulan, beratnya bisa mencapai 1 kilogram. Sehingga ikan ini memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi, ketimbang ikan air tawar lainnya, seperti ikan mujair dan ikan mas.
"Purwakarta mempunyai nilai geografis yang bagus, oleh karna itu ikan Nila Nirwana dapat tumbuh dan berkembang menjadi bibit yang berkualitas. Sampai saat ini kami belum menerima keluhan tentang pembudidayaan Nila Nirwana dari petani," ucapnya. (Der)
Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait