bjb

Peluang dan Tantangan Negara Maritim

JABAR NEWS | PURWAKARTA - Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar didunia yang terdiri dari pulau-pulau kecil yang tersusun dari sabang hingga merauke. Dari banyaknya pulau-pulau tersebut, Indonesia memiliki panjang garis pantai terpanjang keempat di dunia yang diumumkan oleh PBB pada tahun 2008 yaitu sejauh 95.181 kilometer.

Dari panjangnya garis pantai Indonesia yang cukup panjang, menurut penelitian sektor kelautan Indonesia. Sebenarnya Indonesia mampu menyumbang 140 miliar dolar As pertahun. Hal tersebut merupakan potensi yang sangat besar apabila Indonesia mampu dan serius menjadikan Indonesia negara maritim. Namun sayangnya pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki indonesiayang berada di laut belum tereksplor secar optimal.



Berkaca dari nenek moyang kita dahulu, negara kita pernah jaya dilautan. Seperti semboyan TNI AL (Angkatan Laut) yaitu Jalesveva Jayamahe yang artinya “Dilaut Kita Jaya”. Dari semboyan tersebut sebenarnya Indonesia sendiri mempunyai sumber daya kelautan yang menjadi komoditas unggulan yang diminati dipasar dunia.

Sumber daya alam yang diminati di pasar dunia yaitu ikan. Ikan yang diminati diantaranya yaitu seperti ikan tuna, ikan kakap, ikan cakalang, ikan tongkol, ikan kembung, ikan tenggiri dan lain-lain. Dari banyaknya jenis ikan tersebut menurut Food and Agricultural Organization (FAO) mencatat bahwa Indonesia merupakan negara produsen terbesar kedua ikan laut di dunia setelah China. Kenapa China bisa memegang peringkat pertama yang memprodusen ikan terbanyak di dunia, karena menurut Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa China saat ini produksi hasil dari lautnya mencapai 50 juta ton per tahun. Sedangkan Indonesia hanya 13 juta ton per tahun.
Halaman selanjutnya
Tags :
Berita Sebelumnya Rusak Alam Rusak Kehidupan
Berita Selanjutnya Sukses

berita terkait

SEREMONIA







Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi