Mengunyah Makanan Pelan-Pelan? Inilah 4 Alasannya

JABARNEWS | BANDUNG - Ladies, sudahkah kita mengunyah makanan dengan benar? Mungkin hal ini sering dianggap sebagai hal yang sepele dan bahkan tidak penting. Tapi sebenarnya cara kita mengunyah makanan dapat berdampak pada kesehatan kita. 
Sebuah penelitian baru menyebutkan bahwa mengunyah makanan terlalu cepat bisa meningkatkan risiko obesitas atau sindrom metabolik, yaitu beberapa kondisi yang terjadi seperti peningkatan tekanan darah, peningkatan gula darah yang tinggi, kelebihan lemak dalam tubuh di sekitar pinggang, dan peningkatan kadar kolesterol yang tidak biasa. Dimana kondisi-kondisi tersebut terjadi bersamaan sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke dan diabetes.
Selain itu, mengunyah terlalu cepat bisa menyebabkan kenaikan kadar gula darah yang drastis secara tiba-tiba dan menyebabkan resistensi insulin, yaitu kondisi dimana insulin hormon yang disekresi oleh pankreas untuk mengontrol level gula darah dalam tubuh tidak lagi bekerja dengan semestinya.
Sementara itu, jika kita mengunyah makanan secara pelan-pelan, kita akan mendapatkan sejumlah manfaat berikut ini.
Nafsu Makan Bisa Lebih Terkendali.
Otak butuh waktu 15-20 menit untuk menerima sinyal bahwa perut sudah kenyang. Di sinilah penting bagi kita untuk makan secara perlahan, untuk memberi waktu yang cukup sinyal kenyang tersampaikan ke otak dengan baik. Salah satu dampak positifnya kemudian adalah nafsu makan bisa lebih terkendali dan terhindar dari makan berlebihan.
Sistem Pencernaan Berjalan Lebih Lancar.
Saat makanan bisa dikunyah perlahan, nant
inya makanan akan dicerna dengan lebih mudah. Kandungan vitamin, mineral, dan asam amino bisa diserap dengan lebih efisien oleh tubuh. Berbeda bila kamu makan dengan buru-buru yang membuat makanan tidak bisa dicerna dengan optimal di dalam tubuh. 
Berat Badan Terjaga dengan Baik.
Makan perlahan, kamu bisa lebih mudah mengatur porsi makanmu. Sehingga berat badan pun nantinya juga akan ikut terjaga dengan baik.
Terhindar dari Heartburn.
Apa itu heartburn? Heartburn adalah sensasi perih dan panas pada dada. Kondisi ini bisa terjadi bila kamu makan terburu-buru atau menelan makanan tanpa dikunyah perlahan.
Nah, sekarang anda sudah tahu manfaat dari mengunyah makanan secara perlahan? Selain memilih jenis makanan sehat yang baik untuk tubuh, cara memakannya pun disarankan untuk tidak terburu-buru untuk mendapatkan manfaat optimal dari setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. (Sumber: boldsky.com)
Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait