5 Cara Mudah Cegah Kanker Payudara

JABARNEWS | BANDUNG - Sampai saat ini, kanker payudara masih menjadi salah satu jenis kanker yang paling mematikan untuk kaum hawa. Lebih miris dan tragisnya, tidak banyak penderita kanker payudara yang mengetahui penyakitnya di stadium awal. Alhasil, banyak kaum hawa yang pada akhirnya penderita kanker ini harus kehilangan nyawa akibat kanker yang dideritanya. 
Mengenai kanker payudara, sebenarnya hal ini dapat kita cegah. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kanker payudara, diantaranya adalah bertambahnya usia, obesitas, kelebihan hormon estrogen, konsumsi alkohol, konsumsi rokok, paparan radiasi, adanya riwayat kanker hingga adanya benjolan di payudara maupun sekitarnya.
Untuk risiko kanker payudara, penting agar kita tak perlu terlalu khawatir. Rasa khawatir berlebih, stres dan depresi pun dapat meningkatkan risiko kanker.
Ada banyak cara mudah untuk mencegah risiko kanker khususnya kanker payudara. Berikut 5 cara mencegahnya.
Jaga Berat Badan.
Pastikan untuk menjaga berat badan tetap pada posisi ideal atau setidaknya tidak terlalu berlebihan. Obesitas adalah penyebab utama dari risiko kanker. Hal ini penting untuk menghindari obesitas dan menjaga berat badan agar senantiasa stabil.
Hindari & Hentikan Merokok.
Selain meningkatkan risiko kanker, merokok juga meningkatkan berbagai penyakit mematikan lain seperti jantung, stroke, gagal ginjal hingga kerusakan hati. Untuk mencegah risiko kanker payudara, pastikan untuk menghindari dan menghentikan kebiasaan merokok. Peringatan ini tidak hanya untuk para perokok aktif, para perokok pasif juga penting untuk menghindari rokok.
Jauhi Minuman Beralkohol & Ringan.
Jauhi segala minuman beralkohol juga minuman ringan. Pemanis maupun perasa buatan pada dua jenis minuman ini sangat buruk buat kesehatan. Berbagai zat yang terkandung di dalam minuman ini bahkan dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.
Jangan Terlalu Stres.
Setiap orang pasti memiliki masalah dalam hidup mereka. Setiap masalah yang ada tidak perlu dipikirkan terlalu dalam. Jangan biarkan dirimu stres, depresi atau cemas berlebihan karena stres dan depresi justru membuat sel kanker pada tubuh bisa semakin cepat tumbuh dan berkembang. Usahakan untuk selalu senang, tenang dan bahagia. Perasaan bahagia adalah salah satu cara mudah untuk mencegah kanker terutama kanker payudara.
Olahraga & Istirahat Cukup.
Pastikan untuk memiliki olahraga dan istirahat cukup setiap harinya. Olahraga bisa dimulai dari yang paling ringan yakni lari pagi, senam, renang atau jalan kaki. Sementara untuk istirahat,para ahli menyarankan agar setiap hari istirahat yang perlu dilakukan kurang lebih selama 8 jam atau sekurang-kurangnya 6 jam.
Itulah tadi beberapa cara mudah untuk mencegah risiko kanker payudara. Selain cara di atas, cara lain untuk mencegah kanker payudara adalah dengan konsumsi air putih secukupnya, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan serta menghindari asupan daging. Semoga informasi tersebut bermanfaat. (Sumber: boldsky.com)
Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait