Puluhan Buruh Genteng di Tasikmalaya Jadi Binaraga

JABARNEWS | TASIKMALYA - 'Otot besi tulang baja', mungkin ungkapan inilah yang sangat cocok untuk disematkan bagi para pekerja buruh genteng atau biasa disebut dengan kuli ‘jebor’ (pabrik genteng) di Kampung Loji, Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
Para pengangkut genteng ini dapat memikul beban hingga 40 kilogram atau setara dengan 20 genteng untuk dimasukkan ke dalam truk kontainer yang nantinya dijual dan dipasarkan ke berbagai daerah yang berada di Pulau Jawa sampai ke Sumatera.
Tak heran, otot mereka pun terbentuk layaknya seorang binaragawan karena tempaan pekerjaan setiap harinya.
Menanggapi hal tersebut, Jatiwangi Art Factory (JAF) menyelenggarakan ajang pamer otot untuk mereka pada acara "Jatiwangi Cup 2017" dalam rangka pesta rakyat pada HUT ke-72 RI dan piala tersebut akan diserahkan bergilir dari tahun ke tahun.
Sebanyak 70 buruh dari 29 jebor berkumpul di Pabrik Genting Tenang Jaya untuk saling ‘adu otot’ dengan diselimuti aroma kayu dan tanah terbakar yang sedang dalam proses pengeringan.
Dengan penuh rasa percaya diri dan bau keringat di badan,  berat badan mereka ditimbang serta diukur ketinggian leher, pinggang perut bak atlet binaraga profesional.
(sumber: uzone.id)
Jabar News | Berita Jawa Barat

Tags :
teu baleg

berita terkait