6 Jenis Makanan dan Minuman Ini Dapat Membuat Anda Cepat Tua

JABARNEWS | BANDUNG – Banyak orang rela mengeluarkan uangnya hanya untuk merawat kesehatan kulitnya. Namun, menjaga kesehatan kulit ternyata tidaklah sulilt. Jika anda menerapkan pola hidup yang sehat, dan memperhatihan asupan makanan anda setiap harinya.

Ada beberapa macam jenis makanan dan minuman yang dapat membuat anda terlihat menjadi lebih tua. Bukan tanpa sebab, hal tersebut dikarenakan lebih banyaknya kandungan zat yang merugikan bagi tubuh anda. Oleh karena itu, berikut di bawah ini beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membuat anda menjadi cepat tua, diantaranya:

 

1. Alkohol

Dikutip dari Dr Oz, jika alkohol dikonsumsi secara berlebihan, jelas dapat merusak kesehatan tubuh. Anda akan mengalami keriput dini, kehilangan kolagen, kehilangan elastisitas kulit, kulit memerah, dehidrasi, hingga bengkak. Alkohol pun dapat menurunkan kadar vitamin A di dalam tubuh yang merupakan antioksidan yang sangat penting.

Baca Juga:  Prediksi Line Up Pemain Timnas Indonesia U-19 vs Thailand di Piala AFF U-19 2022

2. Minuman bersoda

Minuman bersoda sama buruknya, yaitu menyebabkan penuaan seperti rokok. Menurut sebuah penelitian, orang yang mengonsumsi soda 20 ons setara dengan 4,6 tahun penuaan. Artinya, satu botol soda per hari bisa membuat seseorang terlihat lebih tua lima tahun.

3. Fast food

Makanan cepat saji atau fast food pun sebenarnya buruk bagi kesehatan karena hampir semua mengandung lemak trans yang dapat menyumbat pembuluh darah dan arteri. Lemak trans dapat membuat kulit terlihat lebih tua.

Baca Juga:  Jabang Tutuka, Inovasi Quick Respon Purwakarta Penanganan Persalinan

4. Daging olahan

Sosis, ham, nugget, dan daging olahan lain dapat menimbulkan dua masalah serius. Pertama, daging olahan mengandung sulfit dan bahan pengawet yang menyebabkan peradangan pada kulit. Kedua, mengandung sejumlah garam yang berkontribusi pada kulit yang tidak sehat yang depat menimbulkan kemerahan pada kulit, dan juga bengkak.

5. Karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi

Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi putih, roti, kue manis, atau pun kentang dapat mempercepat kenaikan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu, karbohidrat dengan indeks glikemik tinggi memberi kontribusi besar pada proses penuaan yang lebih cepat. Hal tersebut karena karbohidrat dengan tingkat glikemik tinggi membuat tubuh bekerja lebih ekstra untuk menghancurkan gula.  Itulah yang membuat kolagen (protein yang membuat kulit halus) menjadi rusak.

Baca Juga:  Paslon Subang Diminta Segera Manfaatkan APK

6. Makanan gurih

Makanan gurih atau  yang sering disebut ‘micin’ ternyata bisa menyebabkan penuaan dini. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa selain menyebabkan hipertensi, makanan yang tinggi natrium seperti garam jika dikonsumsi berlebihan dalam jangka panjang dapat mempercepat penuaan sel.

Itulah tadi beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat membuat anda menjadi cepat tua. Disarankan agar anda tidak terlalu sering memakan makanan dan minuman dyang sudah disebutkan di atas. Ada baiknya jika anda dapat mengimbanginya dengan rutin berolahraga dan memiliki jam tidur yang baik. (Red)

 

Sumber berita ini diambil dari health.detik.com