Cegah Stunting Pada Anak Dengan Asupan Gizi Baik

JABARNEWS | BANDUNG - Stunting merupakan suatu kondisi dimana tinggi badan anak lebih rendah (pendek) dibanding tinggi badan normal anak seusianya dimana faktor penyebab stunting ini adalah buruknya asupan gizi sejak periode awal pertumbuhan dan perkembangan janin hingga anak berusia dua tahun.

Status ekonomi keluarga pada umumnya menjadi faktor utama yang melatarbelakangi terjadinya kekurangan gizi (gizi buruk) pada anak yang menyebabkan upaya pemenuhan gizi yang layak pada anak tidak terpenuhi akibat terkendala daya beli yang rendah



Selain itu, rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya nilai gizi pada anak juga menjadi pemicu meningkatnya gizi buruk yang menyebabkan anak menderita stunting.

Menurut data WHO (World Health Organization), kasus stunting di Indonesia semakin meningkat. Pada 2013 lalu, presentasenya mencapai 37,2 persen. Gejala yang diperlihatkan berupa gejala jangka pendek (pada masa anak-anak) dan jangka panjang (saat dewasa).

Gejala stunting jangka pendek meliputi hambatan perkembangan, penurunan fungsi kekebalan, penurunan fungsi kognitif, dan gangguan sistem pembakaran. Sedangkan gejala jangka panjang meliputi obesitas, penurunan toleransi glukosa, penyakit jantung koroner, hipertensi, dan osteoporosis.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi