bjb

6 Tip Manajemen Finansial untuk Pengantin Baru

JABAR NEWS | JURNAL – Saat wanita sudah melangsungkan pernikahan, semua pikiran akan segera datang menghampiri. Salah satu yang akan menyambut begitu kehidupan pernikahan dimulai adalah keuangan. 

Kamu bukan lagi satu-satunya yang bertanggung jawab pada kehidupan, tapi sebagai pihak kedua dan harus bekerja sebagai tim. Bagaimanapun kamu berusaha untuk menangani masalah keuangan, perlu ikuti beberapa tip di bawah ini untuk membuat segalanya lebih mudah!

1. Siap-siap

Sebagai pengantin baru, kamu pasti akan  membicarakan masalah keuangan langsung setelah pesta usai. Kalaupun tidak, jangan tunggu lama untuk memulai diskusi ini, dan harus dilakukan dengan serius. Cari tempat yang nyaman untuk membahas masalah pendapatan, dan pengeluaran, bicarakan juga pembagian hak-hak dan kewajiban kamu.

2. Susun Anggaran

Menyusun anggaran seperti membangun sebuah sistem yang lengkap, dua pendapatan dan dua pengeluaran akan memperumit segalanya, tapi sekaligus bisa mudah diatur jika dilakukan secara komprehensif. Utamakan pengeluaran penting terlebih dahulu, tapi jangan lupakan pengeluaran tak terduga juga, seperti kunjungan dokter, biaya perbaikan mobil, atau pengeluaran lain yang penting. Jangan lupa dengan tanggal-tanggal pembayaran dan kalkulasi utang. Pertimbangkan deposito langsung untuk membuat segalanya lebih mudah. Buat juga pengeluaran untuk bersenang-senang dan berwisata.

3. Pertimbangkan Menyatukan Rekening

Beberapa pasangan ingin tabungan yang tetap terpisah untuk pengeluaran pribadi. Tapi menyatukan keuangan kamu mungkin mempermudah segalanya. Segala transaksi bisa dilakukan dalam satu pintu dan jumlah uang keluar lebih bisa dicermati.

4. Mengurangi Pengeluaran

Jika kamu memiliki akun berlangganan TV kabel atau internet pribadi sebelum menikah, kamu mungkin ingin memutusnya karena akan pindah rumah bersama suami. kamu juga bisa mengabari asuransi yang kamu miliki bahwa kamu sekarang telah berkeluarga, karena memungkinkan untuk mengurangi jumlah premi yang harus dibayar, atau malah mendapat keuntungan yang lebih.

5. Berbagi Jumlah Tabungan

Putuskan berapa jumlah yang kamu inginkan untuk tabungan akhir, dan bicarakan dengan pasangan tanggung jawab masing-masing untuk menabung sebesar jumlah yang disepakati. Apakah kamu ingin menabung tiap enam bulan untuk bisa travelling, atau untuk membeli rumah, buat persetujuan yang ditulis agar tak mudah dilupakan.

6. Buat Rencana

Apa kamu perlu membeli sesuatu dengan harga lumayan mahal? Lalu bagaimana jika pasangan hanya ingin menghabiskan uang dalam jumlah sedikit? Siapa yang bertanggung jawab menyimpan semua berkas-berkas keuangan? Ini adalah pertanyaan yang harus segera dijawab. Bicarakan dengan jelas untuk menghindari stres yang menyeruak kemudian. Semoga informasi ini bermanfaat. (Red: m.female.com)


Jabar News | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi