Tim Sergap Mabes TNI AD Tinjau Kelancaran Pelaksanaan Penyerapan Gabah

JABARNEWS I KOTA CIREBON – Wilayah Korem 063/SGJ didatangi Tim Sergap dari Mabes TNI AD yang di Ketuai oleh Kolonel Inf Eddy Siahaan melakukan Peninjauan Kelancaran Pelaksanaan Penyerapan Gabah dari Petani. Sebelum berkunjung ke Kodim jajaran Tim Sergap menerima Paparan dari Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.IP di Ruang Data makorem 063/SGJ Jalan Brigjend Dharsono By Pass Kota Cirebon. Senin(12/2/2018).

Kegiatan ini dalam rangka mendukung dan menyukseskan Program Pemerintah dalam Pencapaian Swasembada pangan. Keterlibatan berbagai pihak diharapkan mendorong program serap gabah tersebut. Pihaknya menekankan agar penyuluh pertanian selalu mendampingi para petani untuk bisa membantu menyerap gabah hasil panen di wilayahnya kemudian disetorkan ke Bulog.

Baca Juga:  Mahfud MD Sebut Aparat Backing Tambang Ilegal, KSAD Buka Suara: Yang Mana?

“Untuk menyelamatkan harga gabah yang anjlok lantaran melimpahnya pasokan dibutuhkan kerja keras yang lain. Serap gabah kemudian  digalakkan untuk menjadi  solusi agar harga gabah tidak kemudian jatuh tersungkur di bawah HPP,” demikian yang disampaikan Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.IP disela kegiatan.

Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Veri Sudijanto Sudin S.IP menambahkan Pertumbuhan Ekonomi Industri (Infrastruktur & Perumahan) meningkat sehingga luas lahan sawah semakin berkurang dan berpengaruh pada pencapaian hasil panen.

Baca Juga:  Horor! Rara Pawang Hujan Ngaku Berinteraksi dengan Arawah Brigadir J

“Masih minimnya luas panen di wilayah Kodim jajaran Korem 063/SGJ sehingga mengharuskan bulog untuk membeli gabah/beras dari luar Wilayah Korem 063/SGJ, sedangkan para petani lebih memilih menjual gabah/beras kepada tengkulak dengan harga  lebih tinggi di bandingkan harga bulog, Curah hujan yg tinggi mempengaruhi harga dan kualitas pada dan masih terdapat wilayah yang terserang WBC (Wereng Batang Coklat) sehingga berpengaruh pada hasil panen,” katanya.

Baca Juga:  Selama Pandemi, Volume Penumpang di Daop 3 Cirebon Hanya Sampai 300 Orang

Tim Serap gabah terdiri atas Penyuluh pertanian Lapangan (PPL), Kelompok Nelayan Tani Andalan (KTNA), Badan Urusan Logistik (Bulog), TNI, pemerintah daerah. Tim Sergap dari Mabes TNI AD diketuai Kolonel Inf Eddy Siahaan, Kolonel Kav Hilman dan Kolonel Arh Dodo Irmanto akan mengunjungi Kodim-Kodim Jajaran Korem 063/SGJ, Kegiatan ini di Hadiri Para Kasi Korem 063/SGJ, Para Kasdim Jajaran Korem 063/SGJ, (Ikhwan Jums).

Jabarnews | Berita Jawa Barat