DPRD Jabar Terima Delegasi Study National Assembly Laos

JABARNEWS | BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat menerima kunjungan Delegasi Study National Assembly Laos di bidang Justice Committee, pada Kamis (15/2/2018).

Delegasi yang terdiri dari 6 orang ini dipimpin Mr. Kham Pheng Vilaphane. Kunjungan tersebut diterima dengan baik oleh DPRD Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BP Perda) R. Yunandar Eka Perwira beserta Sekertaris Dewan Daud Achmad dan Pejabat Struktural di lingkungan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Barat.

Kunjungan yang bertujuan untuk bertukar informasi mengenai pengawasan lembaga legislatif terhadap kinerja pemerintah yang dilaksanakan di kedua negara.

Baca Juga:  KPP Jabar Tinjau dan Salurkan Bantuan kepada Korban Gempa Cianjur

“Menurut mereka, disana baru saja membentuk DPRD tingkat provinsi dan mereka ingin belajar seperti apa proses-proses yang ada di DPRD di Indonesia, sehingga mereka bisa terapkan disana. Selain itu kunjungan ini sebagai bahan perbandingan bagi mereka disana untuk membuat sistem bagaimana DPRD bisa menjadi bagian dari pemerintahan di Laos” kata Yunandar usai menerima kunjungan delegasi Study National Assembly Laos di bidang Justice Committee yang berlangsung di Ruang Banmus DPRD Provinsi Jawa Barat.

Yunandar menjelaskan selain membahas tentang pengawasan terhadap pemerintah, dalam pertemuan tersebut pun pihaknya menjelaskan terkait beberapa hal yang menyangkut tugas dan fungsi kedewanan. Salah satunya terkait prosedur pembentukan peraturan daerah dan prosedur penerimaan apirasi dari masyarakat.

Baca Juga:  Partainya Difitnah Sebagai Penghianat Umat Islam, Anggota DPRD Jabar Fraksi Gerindra: Rusak Bangsa Ini!

“Ada beberapa hal yang ditanyakan kepada kami (DPRD Jabar), yang pertama itu terkait prosedur pembuatan peraturan daerah. Kemudian yang ke dua terkait prosedur penerimaan aspirasi dan keluhan dari masyarakat” ungkap Yunandar.

Menurut Yunandar adanya kemiripan antara Indonesia dan Laos terutama dalam sektor pariwisata bisa menjadi awal yang baik untuk menjalin kerja sama.

“Kita punya kemiripan, antara kita (Indonesia) dengan Laos terutama dalam sektor pariwisata. Dimana Indonesia punya banyak tempat pariwisata, dan mereka juga sedang mengembangkan sektor pariwisatanya” ujar Yunandar.

Baca Juga:  Haru Suandharu Dukung Pemprov Naiikkan Anggaran Petani Milenial, Tapi...

Untuk kerja sama seperti Sister Province, Jawa Barat saat ini telah banyak memiliki pengalaman.

“Seperti Sister Province yang telah dilaksanakan dengan Australia Selatan, kemudian Cina, Jepang, Belgia, dan beberapa negara di Benua Afrika” kata Yunandar.

Dalam pertemuan tersebut, Mr. Kham Pheng Vilaphane menyampaikan apresiasi dan kesan yang positif atas sambutan yang hangat dari DPRD Provinsi Jawa Barat dan berharap lewat kerja sama ini akan semakin mengeratkan hubungan antar Indonesia dan Laos. (wan)

Jabarnews | Berita Jawa Barat