bjb
itcbet

Begini Tradisi Khas Imlek di Indonesia ...

JABARNEWS | BANDUNG - Tepat hari ini Jumat (16/02/2018), masyarakat Tionghoa bersuka cita merayakan tahun baru Imlek ke 2569. Kata "Imlek" sendiri berasal dari dialek Bahasa Hokkian yang berarti "Penanggalan bulan" atau "Yinli" dalam bahasa Mandarin. Tahun Baru Imlek di Tiongkok lebih dikenal dengan sebutan "Chunjie"(perayaan musim semi).

Perayaan tahun baru ini biasanya dihiasi dengan berbagai tradisi khas yang masih dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Tionghoa untuk menyambut tahun baru Cina . Beberapa langkah yang dilakukan di antaranya:



1. Tradisi saji jeruk kuning, apel, dan pear

Buah jeruk kuning yang disajikan setiap hari raya Imlek mempunyai kisah dan makna tersendiri. Kata "jeruk" dalam bahasa Tionghoa bunyinya hampir sama dengan "Da Ji", sedangkan arti kata dari "Da Ji" itu sendiri berarti besar rejeki. Sedangkan untuk buah "Apel"(pin guo) mempunyai arti "Ping Ping An An" sama artinya dengan "Da Li" yang berarti besar kesehatannya dan keselamatannya dan untuk buah Pear melambangkan kebahagian yang atinya "Sun Sun Li Li". Oleh sebab itu ketiga macam buah ini selalu menghiasi meja sembahyangan yang mengartikan "Da Ji Da Li Sun Sun Li Li" = "Besar rejeki,besar kesehatan dan keselamatan, serta besar pula kebahagiaannya".
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi