bjb

Jangan Khawatir, Atasi Keputihan Secara Alami Dengan Ini...

JABARNEWS | BANDUNG - Keputihan sebenarnya adalah hal yang normal dan sehat karena pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar yang memproduksi cairan untuk menjaga kesehatan organ intim wanita, dimana kadar cairan akan meningkat pada masa tertentu seperti saat menyusui, saat berhubungan seksual, dan pada saat atau sekitar masa menstruasi.

Keputihan ini berfungsi untuk membantu membersihkan dan mengeluarkan bakteri yang ada di dalam vagina sehingga mencegah terjadinya infeksi, selain itu keputihan menjaga ph vagina tetap asam (ph alami) sehingga mencegah bakteri atau jamur untuk tumbuh dan berkembang biak.

Keputihan yang normal sendiri pada umumnya berwarna putih susu atau jernih dan tidak berbau. sehingga jangan khawatir ketika Anda mengalami keputihan selama keputihan tersebut dalam batas normal alias tidak berbau dan tidak gatal di vagina.

Namun begitu, tidak sedikit wanita yang merasa kurang nyaman saat mengalami keputihan karena harus terus memakai pantyliner. Namun jangan khawatir, berikut di bawah ini adalah beberapa cara untuk mengatasi keputihan secara alami terutama jika Anda mengalami keputihan yang membuat organ intim Anda terasa gatal, diantaranya:

1. Hindari sabun saat mencuci vagina
Membasuh vagina dengan menggunakan sabun beresiko merusak keseimbangan alami bakteri dan jamur di dalamnya. Ketidakseimbangan ini akan memicu vaginosis bakterial sehingga akan memimbulkan bau pada organ intim Anda.

2. Menggunakan Bawang Putih
Kandungan bawang putih yang bersifat antijamur dan antivirus, sehingga mampu mencegah sekaligus mengobati terjadinya keputihan. Tak hanya itu, penggunaan bawang putih secara rutin dapat menghambat bakteri yang masuk ke daerah kewanitaan. Setidaknya anda sering mengkonsumsi bawang dalam jumlah banyak agar terhindar dari keputihan tak normal.

3. Menggunakan Daun Sirih
Banyak sekali kandungan yang terdapat pada daun sirih, seperti sifat antibakteri dan antijamur sehingga mampu mengobati masalah infeksi penyebab bakteri dan jamur di area kewanitaan. Cara pengolahannya juga cukup mudah, yakni dengan merebus segenggam daun sirih. Tunggu masa perebusan daun sirih hingga mendidih dan gunakan air rebusan sebagai pembersih daerah vagina. Penggunaan rutin daun sirih bisa menghilangkan gatal-gatal secara berlebih dan bau di organ intim pada wanita. (Nur)

Sumber berita ini diambil dari berbagai sumber.

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi