Resep Rahasia yang Bikin Tahu Gejrot Terasa Maknyus

JABARNEWS | BANDUNG – Tahu Gejrot merupakan makanan khas Cirebon, yang sangat disukai oleh semua kalangan, baik tua maupun muda. Selain enak, makanan ini harganya sangat ramah dengan isi dompet.

Konon, pemberian nama gejrot pada makanan ini berasal dari suara yang ditimbulkan ketika bumbu dituang pada tahu yang telah disajikan.

Baca Juga:  Lakukan Tujuh Hal Ini Agar Sepeda Motor Terhindar dari Aksi Pencurian

Untuk membuat tahu gejrot tak begitu ribet. Tahu yang sudah digoreng, kemudian dipotong agak kecil. Selanjutnya, potongan tahu kecil ini diberi kuah berbumbu cabai, bawang putih, bawang merah, dan gula aren. Biasanya, tahu gejrot disajikan di atas piring kecil berbahan tanah liat.

Baca Juga:  Harga Cabai dan Bawang Merah di Bandung Alami Kenaikan, Ini Kata Disdagin

Mang Kemod (35), pedagang tahu gejrot asal Cirebon, mengatakan, dia sudah menjual makanan khas tersebut selama sepuluh tahun.

“Saya sudah berjualan tahu gejrot selama sepuluh tahun di Bandung. Selain di sini (Taman Lansia), kalau di hari biasa saya jualannya keliling,” katanya di Taman Lansia, Kota Bandung, Minggu (18/02/2018).

Baca Juga:  Kurangi Resiko Depresi, Inilah Kenapa Peminum Kopi Bisa Bahagia

Berbekal pengalaman yang lama, Tahu gejrot buatan Kemod ini mempunyai rasa yang menggoyang lidah.

“Yang jadi rahasianya itu ada di gulanya. Gulanya pakai gula aren dan dipadukan dengan bumbu rempah lainnya,” terangnya. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat