Anggota DPR RI Deding Ishak Minta Semua Pihak Bersinergi Tanggap Bencana

JABAR NEWS | CIANJUR – Komisi VIII DPR RI Bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terus berupaya melakukan antisipasi terhadap potensi terjadinya bencana di wilayah Cianjur dan Bogor.

“Indonesia sebagai the ring of fire atau daerah potensial bencana, maka kita ingin merubah cara pandang masyarakat, agar masyarakat lebih siap menghadapi bencana. Karena mau tidak mau bencana itu pasti terjadi,” kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI H. Deding Ishak kepada wartawan di sela acara Pelatihan Antisipasi Penanggulangan Bencana di Hotel Palace Cipanas, Cianjur (09/04/2017).

Baca Juga:  Satgas TMMD di Purwakarta Laksanakan Pembangunan Jalan

Politisi Partai berlambang Pohon Beringin itu meminta masyarakat agar proaktif terhadap kebijakan pemerintah karena menurutnya salah satu faktor penyebab terjadinya bencana alam adalah salahnya kebijakan yang mengedepankan kepentingan sesaat.

Baca Juga:  Tingkatkan Produktivitas, Pemerintah Pangkas Izin Budidaya Udang

“Makanya ini perlu ada dukungan dari semua pihak agar semua kalangan bersinergi, kita dianugerahi alam oleh Tuhan tentunya kewajiban kita menjaga, melihara bersama melalui kesadaran masyarakat, aparatur dan pemerintah,” terangnya.

Agar lebih tersistematis, DPR RI berencana membangun kaukus parlemen peduli bencana alam yang akan diberlakukan untuk parlemen pusat hingga kabupaten dan kota, agar ikut serta menjaga lingkungan dari salahnya kebijakan para politisi.

Baca Juga:  Banjir Landa Cianjur, PLN Sebut Ada 147 Gardu Listrik Mati

“Peran politisi itu penting karena memiliki fungsi yang sangat kuat salah satunya legislasi, kami dorong agar politisi ini membuat aturan yang sesuai dengan ekologi sehingga tidak menimbulkan bencana alam,” terangnya. (Din)

Jabar News | Berita Jawa Barat