Ribuan Buruh Purwakarta Gelar Aksi Bagi Beras Dalam Peringatan May Day 2017

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Biasanya, dalam memperingati Hari Buruh Internasional atau yang lebih dikenal dengan Peringatan May Day yang diperingati setiap tanggal 1 Mei, para buruh identik menggelar aksi unjuk rasa di jalan raya, tak terkecuali para buruh di Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat.

Namun kali ini, ada yang berbeda dalam peringatan May Day di Purwakarta, para buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Purwakarta menggelar aksi bagi-bagi beras untuk masyarakat yang kurang mampu.

“Para buruh secara sukarela membawa beras kemudian beras tersebut dikumpulkan untuk selanjutnya dibagikan,” kata Ketua Konsulat Cabang FSPMI Purwakarta Fuad BM, Senin (01/05/2017) saat ditemui awak media.

Fuad menjelaskan, setiap buruh yang mengikuti aksi peringatan May Day membawa beras seberat 1/2 kilogram dan untuk aksi kali ini dari informasi terakhir sebanyak 6000 buruh akan ambil andil.

“Tidak hanya itu, dalam aksi kali ini bagi para buruh yang sudah berkeluarga akan mengajak keluarganya, sehingga jika kita totalkan setidaknya akan ada 10.000 buruh yang akan ikut aksi,” jelasnya.

Fuad mengungkapkan, aksi sosial dalam peringatan May Day kali ini memiliki pesan moral tersendiri. Salah satunya memberikan contoh yang baik, kendati para buruh hidup dengan sederhana tetapi mampu untuk berbagi dengan sesama.

Selain itu, Fuad menambahkan bila saja masyarakat Purwkarta secara konsisten memiliki kepedulian sosial yang tinggi dengan terus menerus melakukan perelek maka akan banyak masyarakat kurang beruntung atau tidak mampu akan terbantu.

“Jika aksi sosial ini dilakukan setiap masyarakat, Saya yakin masyarakat di Kabupaten Purwakarta tidak perlu ada lagi yang namanya beras raskin karena masyarakat disini sudah sangat peduli dengan satu sama lainnya,” tambah Fuad. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat