Inilah Trik Atasi Anak Kacanduan Gadget

JABARNEWS | BANDUNG – Teknologi yang saat ini semakin canggih, memudahkan segala aktivitas anda sehari-hari. Di sisi lain, kemudahan dari teknologi tersebut ternyata memiliki dampak buruk bagi anda bahkan jika anak anda sudah mulai kecanduan akan gadget.

Oleh karena itu, anda dapat atasi anak dari kencanduan gadget dengan trik di bawah ini, diantaranya:

1. Berikan Batasan Waktu Pada Anak

Anda dapat memberikan batasan waktu kepada anak anda untuk bermain gadget. Dalam hal ini, disarankan agar anda dapat bersikap tegas dan jangan membiarkan anak anda terlalu asik bermain gadget. Jika anda membiarkan anak anda, maka yang ada akan semakin kecanduan, terlebih lagi jika gadget yang anda berikan mendukung banyak game-game dan fitur-fitur lain yang mumpuni. Maka anak anda akan sulit untuk terlepas dari gadget tersebut.

2. Berikanlah Mainan Alternatif

Berikanlah mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan. Pada dasarnya cara ini memang kurang efektif, namun setidaknya anak anda masih memiliki beberapa pilihan mainan yang bisa untuk dimainkan. Selain itu, jika anda memang melihat banyak kawan di luar rumah, biarkanlah dia bermain dengan mereka asalkan tidak berbahaya.

3. Luangkan Waktu Anda Untuk Anak

Ada baiknya jika anda meluangkan waktu untuk bermain bersama anak. Perlu anda ketahui, salah satu alasan mereka memilih bermain gadget adalah karena merasa kesepian dan kurang perhatian dari orang tuanya. Oleh karena itu, anda perlu leuangkan sedikit waktu untuk dapat bermain bersama anak anda.

Baca Juga:  Dewan Pers Akan Anugrahi Medali Emas Ketua Satgas Covid Doni Monardo Di Puncak HPN 2021

4. Biarkan Anak Anda Bermain Di Luar

Seperti anda ketahui, pada umumnya orang tua tidak menginginkan si kecil bermain di luar rumah. Memang mereka memiliki tujuan baik yakni ingin melindungi anak dari berbagai hal yang buruk yang akan menimpanya. Seperti misalnya ajakan dari teman-temannya yang kurang baik, bicara yang kurang baik, takut bajunya kotor dan masih banyak yang lain. Namun ada baiknya jika anda memberi kesempatan walau hanya sedikit untuk bermain di luar rumah supaya tidak kesepian dan pastinya bisa sejenak terlupa dengan gadget.

5. Batasi Penggunaan Jaringan Intrnet Di Rumah

Memasang koneksi internet di rumah memang bukanlah hal yang baru. Pada umumnya, hal tersebut membuat mereka akan mudah dalam mengakses internet. Akan tetapi perlu anda ketahui, hal tersebut juga yang dapat menyebabkan anak anda menjadi kecanduan gadget. Sambungan internet yang mudah mereka dapatkan akan mendukung aksi mereka untuk semakin mencintai kehidupan dunia maya. Maka tak heran jika anak anda akan indifidualis mengurung diri di kamar bermain internet. Maka dari itulah anda patut untuk membatasi penggunaan jaringan internet di luar kebutuhan anda.

Baca Juga:  Masyarakat di Kabupaten Bandung Barat Diminta Waspadai Potensi Bencana, Ini Peringatan BPBD

6. Sibukan Waktu Kegiatan Anak

Semakin banyak waktu yang dimiliki oleh anak maka akan semakin banyak peluang untuk merasa bosan. Ketika sudah bosan maka anak akan cenderung memilih untuk bermain gadget. Dari situlah anak akan merasa kecanduan dan sulit untuk lepas. Maka tidak ada salahnya anda memberi kesibukan yang bermanfaat untuk anak anda seperti: les bernyanyi, les piano, les bahasa inggris dan lain sebagainya.

7. Diskusikan Pada Anak-anak Anda

Cara yang paling efektif untuk menghilangkan kecanduan gadget adalah mendiskusikan kepada anak-anak anda. Jelaskan pada anak anda mengapa anda membatasi penggunaan gadget, katakan padanya bahwa hal itu dilakukan semata-mata untuk kebaikan mereka. Selain itu, berikanlah pemahaman yang logis kepada mereka jika sudah kecanduan dengan gadget maka akan banyak dampak yang ditimbulkan, seperti: insomia, indifidual yang nantinya akan menyulitkan kehidupannya dimasa yang akan datang.

8. Ajaklah Anak Untuk Bermain Mengenali Alam Semesta

Ketika anda sudah tidak ada pekerjaan di kantornya maka tidak ada salahnya untuk mengajak anak-anak anda untuk jalan-jalan di waktu sore hari. Tentu dengan menikmati pemandangan yang indah disekitar rumah atau dimana saja yang dirasa indah ketika sore tiba. Dengan begitu mereka akan sejenak lupa dengan gadgetnya, karena asik menikmati pemandangan alam yang sangat menyenangkan.

Baca Juga:  Potret Pilu Industri di Jabar: 1.900 Perusahaan Berhenti, Puluhan Ribu Karyawan Dirumahkan

9. Berikanlah Spirit Atau Reword Pada Anak Anda

Berikanlah motifasi kepada si anak ketika bisa berhasil untuk mengurangi jumlah frekuensi bermain gadgetnya. Berikanlah hadiah secara bertahap, sehingga anak anda akan memiliki keinginan kuat untuk tidak terlalu intens bermain gadget.

10. Ajak Untuk Bersosialisasi

Salah satu faktor anak kecanduan bermain gadget adalah karena tidak ada aktifitas bermain dengan teman yang menyenangkan dengan teman sebayanya. Oleh karena itu, orang tua perlu mengajak anak untuk bermain bersama teman sebayanya. Anda bisa mengundang teman-temannya untuk datang ke rumah atau bisa mengajaknya untuk berkunjung ke rumah sahabatnya di sekolah. Dengan banyak teman maka dia akan memiliki kesibukan baru dan bisa lupa dengan gadgetnya.

Itulah tadi beberapa trik agar anak anda tidak kecanduan akan gadget. Semoga trik diatas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari sayangianak.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat