Air Bah Tenggelamkan Tiga Desa

JABARNEWS | PURWAKARTA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta berdampak pada puluhan rumah yang berada di tiga desa di kecamatan tersebut terendam air.

Camat Maniis, Cecep Suhendar, mengatakan, meluapnya air yang merendam puluhan rumah warga setinggi kurang lebih 30 cm di tiga desa tersebut diakibatkan oleh air bah bercampur lumpur yang datang dari gunung Karung hingga terjadi peluapan air di kali Cigebang.

Baca Juga:  Jaring Pemilih Baru di Pemilu 2024, Disdukcapil Kota Bandung Lakukan Ini

“Luapan air yang terjadi pada hari Kamis, 22 Pebruari 2018 tadi malam mengakibatkan 30 rumah dan 1 masjid yang terbagi di tiga desa yang ada di wilayah Kecamatan Maniis terendam banjir,” papar Cecep, melalui sambungan cellulernya, Jumat (23/2/2018).

Cecep mengaku telah melakukan evakuasi terhadap semua korban ke tempat yang lebih aman. Pihaknya juga telah melaporkan peristiwa yang menimpa warganya tersebut ke dinas terkait dengan harapan akan adanya bantuan material yang diberikan terhadap para korban.

Baca Juga:  Kugadaikan Cinta Ala 'Raja Dangdut' Amerika yang Ramaikan Warganet

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, dan kerugian materi pun belum bisa deperkirakan, mengingat ada sejumlah padi juga ternak ikan milik warga yang terbawa banjir yang belum bisa diperhitungkan jumlah kerugiannya,” jelasnya.

Berikut data jumalah rumah yang terendam air di tiga desa di wilayah kecamatan Maniis yang berhasil dihimpun Jabarnews.com:

Baca Juga:  Bejat! Seorang Duda Cabuli Bocah SD di Cipaku Ciamis, Korban Ngadu ke Ibunya

1. Desa citamiang RT 01/01 sebanyak 7 rumah tergenang air kurang lebih 1,20 m jumlah penghuni 26 jiwa.

2. Desa Sinargalih rt 08/09 jumlah 4 rumah, RT 09/09 jumlah 1 rumah, jumlah penghuni 14 jiwa.

3. Desa Gunungkarung RT 21/09 jumlah 18 rumah + 1 mesjid jamie.

4. Desa Ciramahilir RT 13/05 jumlah 6 rumah tergenang air bercampur Lumpur. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat