bjb

Inilah Para Perempuan Tangguh yang Menginspirasi Dunia

JABARNEWS | BANDUNG - Seiring dengan berjalannya waktu, posisi perempuan dimata dunia semakin dipertimbangkan meski masih ada saja yang memandang perempuan sebagai kaum lemah.

Kini dengan adanya emansipasi wanita yang digaungkan oleh pejuang perempuan RA Kartini dimasa lalu para perempuan saat ini dapat memperoleh pendidikan yang sama dengan laki-laki wanita tak lagi dipandang sebagai pengurus sektor domestik, yaitu urusan rumah dan keluarga.

Semangat juang RA Kartini itulah yang kini banyak menginspirasi perempuan di dunia untuk menjadi perempuan tangguh yang dapat menginspirasi dunia, diantaranya:

1. Malala Yousafzai

[caption id="attachment_16666" align="aligncenter" width="845"] Malala Yousafzai, seorang pejuang yang menuntut pendidikan untuk anak perempuan di Lembah Swat, Pakistan. (Foto: net)[/caption]

Malala adalah seorang pejuang. Nyali dan semangatnya lebih besar dari usianya. Beberapa tahun lalu, Ia berdiri dalam sebuah bus, menuntut pendidikan untuk anak perempuan di Lembah Swat, Pakistan. Di waktu itulah, seorang anggota Taliban menembak kepalanya. Namun, ia tetap bangkit, tidak sedikit pun ia mundur dan takut memperjuangkan pendidikan. “When the whole world is silent, even one voice becomes powerful.”

2. Oprah Winfrey

[caption id="attachment_16673" align="aligncenter" width="840"] Oprah Winfrey, salah satu orang tersukses dan terkaya di dunia. (Foto: net)[/caption]

Wanita Afro-Amerika ini telah menjadi salah satu wanita terkaya di dunia. Namun, Oprah tidak terlahir dengan kekayaan. Ayah dan Ibunya hanya seorang tukang cukur dan Asisten Rumah Tangga. Masa kecilnya juga tidak terlalu bahagia. Orangtuanya bercerai dan saat ia tinggal bersama ibunya, ia dilecehkan oleh sepupu serta teman-temannya hingga hamil. Namun ia tidak tinggal diam, ia pergi ke rumah sang Ayah. Di sana, Oprah dididik penuh kedisiplinan, terutama soal belajar. Tidak sia-sia, Oprah berasil menjadi siswi teladan di sekolahnya dan mendapat beasiswa untuk kuliah. Perjalanan karier yang dimulainya dari bawah pun sukses mengantarkan Oprah menjadi salah satu orang tersukses dan terkaya di dunia. Meski sukses, Oprah tidak lupa diri. Ia membantu banyak orang, terutama wanita dalam masalah pendidikan dan kesehatan.

3. Susi Pudjiastuti

[caption id="attachment_16674" align="aligncenter" width="840"] Susi Pudjiastuti, Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia. (Foto: net)[/caption]

Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia ini ialah bukti nyata bahwa seseorang bisa sukses asalkan punya kemauan yang kuat. Susi bukanlah lulusan universitas ternama. Jangankan universitas, SMA pun ia tidak tamat. Namun, jangan menganggap Beliau sepele. Bermodalkan tekad dan kecerdasannya, ia memulai usahanya sari bawah, menjadi seorang pengepul ikan di Pantai Pangandaran. Tangan dinginnya membuat usaha Beliau berkembang pesat dan menjadikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product serta PT ASI Pudjiastuti Aviation kokoh sebagai perusahaan pengeskpor hasil perikanan dan maskapai penerbangan di tanah air.

4. Maudy Ayunda

[caption id="attachment_16679" align="aligncenter" width="840"] Maudy Ayunda, artis dan juga Duta Melawan Perbudakan Modern. (Foto: net)[/caption]

Cantik, berbakat, dan pintar. Tiga kata itu rasanya belum mampu menggambarkan sosok Maudy Ayunda, wanita Indonesia lulusan Oxford University Inggris ini. Di tengah kariernya yang gemilang, ia tidak lupa menginspirasi banyak orang lewat perannya menjadi Duta Melawan Perbudakan Modern.

5. Ibtihaj Muhammad

[caption id="attachment_16680" align="aligncenter" width="840"] Ibtihaj Muhammad, altet anggar hijab pertama yang mewakili Amerika Serikat dalam di Olimpiade Rio 2016. (Foto: net)[/caption]

Meskipun terkenal dengan negara yang bebas, persoalan SARA di Amerika masih ada. Terutama dalam soal hijab. Banyak orang yang berpendapat bahwa hijab adalah sesuatu yang mengekang kebebasan. Ibtihaj Muhammad adalah altet hijab pertama yang mewakili Amerika Serikat dalam Olimpiade Rio di cabang anggar pada 2016 lalu. Bukan hanya mewakili, Ibtihaj juga membuktikan bahwa wanita dan persoalan agama tidak ada hubungannya dengan ketidakmampuan. Wanita keturunan Afrika ini sukses membawa medali emas.

Itulah tadi beberapa perempuan-perempuan tangguh yang meninspirasi dunia. Semoga info diatas dapat bermanfaat dan menjadi motivasi bagi anda untuk menjadi salah satunya. (Nur)

Sumber berita ini diambil dari Goersapp.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi