BI Jabar Gandeng Ponpes Menjadi Penggerak Pengembangan Usaha Masyarakat

JABAR NEWS | BANDUNG – Untuk melakukan pengembangan potensi ekonomi keuangan syariah Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat akan melakukan kerjasama dengan Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Jabar.

Hal ini disampaikan Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi, BI Jabar Dudi Dermawan saat menyampaikan sambutannya dengan tema “Peran Ekonomi Syariah Sebagai Kekuatan Ekonomi Bangsa dalam kegiatan Halaqah International ke-5 di Ponpes Al Falah, Nagreg Kabupaten Bandung, Sabtu (06/05/2017).

“Untuk tahap awal kita akan bekerjasama dengan sekitar 100 Ponpes melalui mekanisme pemberdayaan,” kata Dudi.

Dudi menjelaskan, program kerja dengan sinergi antara Divisi Advisory Ekonomi dan Keuangan, Divisi Pengembangan Ekonomi dan Divisi Sistem Pembayaran & PUR bersama Ponpes tersebut akan difokuskan pada dua pilar utama yaitu, penguatan sumber daya insani dan pemberdayaan masyarakat.

“Kolaborasi kegiatan tersebut bertujuan untuk pengembangan ekonomi dan keuangan syariah dapat menjadi sarana sinergi  bersama untuk dapat mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif,” jelas Dudi.

Tamu undangan yang hadir dalam kegiatan Halaqah International ke-5 di Ponpes Al Falah, Nagreg Kabupaten Bandung, Sabtu (06/05/2017). (Foto: Red)

Dalam kegiatan Halaqah tersebut, berbagai rangkaian acara dilaksanakan, seperti, sosialisasi mengenai Peran Ekonomi Syariah sebagai Kekuatan Ekonomi Bangsa, Workshop Training of Trainers (ToT) Calon Penggerak Pengembangan Usaha pada Seratus 100 Ponpes se-Kab. Bandung, Seminar Modernisasi Manajemen/Pengelolaan Pondok Pesantren dan Bazaar Ekonomi Kreatif Usaha Mikro binaan KPw BI Jabar serta Kegiatan Usaha Ekonomi Pondok Pesantren di Kabupaten Bandung.

“Selain itu tadi kita juga menyampaikan edukasi Gerakan Nasional Non Tunai & Uang Rupiah Tahun Emisi 2016,” tambah Dudi.

Dudi mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut, diantaranya Ponpes Al-Qurán Al Falah, Himpunan Santri Bandung Berdaya Guna (Hasbuna) serta pihak lainnya.

Dengan adanya sinergitas ini nantinya dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan inklusif sehingga dapat mendukung tercapainya tingkat inflasi yang rendah, penurunan tingkat kemiskinan dan pengangguran dengan pemerataan ekonomi yang lebih baik dan adil.

“Dalam kegiatan ini juga kita dari KPw BI Jabar menyerahkan Bantuan BI Corner di Pondok Pesantren yang pertama di Indonesia untuk mendukung literasi mengenai ekonomi dan keuangan syariah,” pungkas Dudi.

Kegiatan yang mengangkat tema “NKRI Lahir Dari Keluhuran Ilmu & Kearifan Ulama” turut dihadiri langsung pimpinan Ponpes Al Falah KH Achmad Syahid, Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan, Hj Zannuba Arrifah Nafshoh Rahman (Putri Gusdur), Syaikh Fadhi Alamiddin dari Libanon, Syekh Murtado bin Abu Bakar bin Thohir dari Yaman, Syekh Samih Alkuhalidari Hadromaut dari Yaman dan para pimpinan Ponpes lainnya yang ada di Kabupaten Bandung. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat