Hati-hati, Inilah Kesalahan Saat Mencuci Wajah

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam merawat wajah, mencuci wajah merupakan langkah pertama dan paling terpenting. Perlu anda pastikan bahwa tak hanya produk pembersih sesuai dengan jenis kulit, namun juga caranya. Memang tak sedikit permasalahan jerawat atau pori-pori tersumbat disebabkan oleh teknik mencuci wajah yang kurang tepat. Oleh karena itu, simak beberapa kesalahan yang mungkin pernah anda lakukan, diantaranya:

1. Menggunakan sabun untuk tubuh di wajah

Sabun tubuh dapat membersihkan kulit tubuh dengan baik, namun alkaline pHnya kurang cocok untuk kulit wajah, karena akan mengangkat minyak natural pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih kering. Kulit wajah yang dehidrasi akan menambah banyaknya pori-pori yang tersumbat.

Baca Juga:  Minimalisir Bencana, Pemprov Jabar Perluas Tahura

2. Terlalu sering mengekfoliasi wajah atau menekan scrub kencang-kencang di wajah

Mengekfoliasi wajah bisa membantu mengangkat kotoran di wajah, dan mengurangi whiteheads ataupun jerawat. Namun, menggunakan face scrub terlalu sering apalagi yang memiliki butir besar dapat menambah kerusakan pada kulit wajah dan menghasilkan keriput, kulit kering, dan kerusakan kapiler.

3. Tidak mencuci wajah di pagi hari

Wajah memang tak terasa kotor saat di pagi hari, namun kotoran dan minyak tetap dapat menempel di pori-pori wajah anda akibat sarung bantal.

4. Menggunakan air panas

Air panas dapat membakar kulit dan tentunya membuatnya menjadi jadi lebih kering. Bila Anda tetap tak ingin menggunakan air dingin, cukup gunakan air suam-suam kuku untuk mencuci wajah anda.

Baca Juga:  Joko Widodo: Perbaikan Tanggul Citarum Jebol, Target Dua Hari Selesai

5. Menggunakan handuk mandi untuk menyeka wajah

Menggunakan handuk mandi untuk menyeka wajah dapat menyebarkan bakteri dari tubuh ke wajah anda. Sungguh disarankan untuk menggunakan handuk wajah kecil dan gunakan setelah anda mencuci wajah.

6. Lupa membersihkan wajah sebelum mengenakan masker wajah

Intruksi di kebanyakan bungkus face mask adalah kebersihan wajah sebelum mengenakan agar bahan-bahan penting dalam masker meresap dengan mudah ke dalam pori-pori. Penggunaan masker akan terbuang percuma, bila anda tidak membersihkan wajah terlebih dahulu.

Baca Juga:  Keren, Pelopor Perias Cilik Berprestasi Ini Tak Patok Harga

7. Menggunakan cleanser biasa untuk mengangkat makeup

Saat ini, sudah banyak produk makeup tahan air (waterproof), sweatproof dan smudge-proof. Cleanser biasa pada umunya tak memiliki kemampuan lebih untuk dapat mengangkat sisa-sisa tersebut. Cobalah trik double cleansing untuk memastikan pori-pori kulit bersih dari segala makeup, minyak, dan kotoran.

Itulah tadi beberapa kesalahan yang mungkin pernah anda lakukan dalam merawat wajah anda. Semoga tips dan trik diatas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari cosmopolitan.co.id

Berita Jawa Barat