Soal Bhayangkara Subuh, Ini Kata Wakapolda Jabar

JABARNEWS | PURWAKARTA – Wakapolda Jawa Barat, Brigjen Pol Supratman, hadiri Lokakarya Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan DAS Citarum, di Plaza Hotel, Kota Bukit Indah, Blok L, Desa Cinangka, Kecamatan Bungursari, Kabupaten Purwakarta, Rabu (28/2/2018). Kehadiran Wakapolda disambut langsung Kapolres Purwakarta AKBP Dedy Tabrani.

Sebelum acara dimulai, wakapolda berikan arahan terkait Bhayangkara Subuh kepada Kapolres Purwakarta.

Baca Juga:  Jokowi-Ma'ruf, Pendaftar Pertama Capres-Cawapres

Dengan gerakan ini, diharapkan polisi dapat membaur dengan warga untuk meningkatkan situasi Kamtibmas menjelang Pilkada serentak 2018 berjalan lancar.

“Berdasarkan perintah Bapak Kapolda, Bhabinkamtibmas ikut melaksanakan salat subuh berjamaah bersama warga,” ujar AKBP Dedy Tabrani, usai dapat arahan dari Wakapolda Jabar.

Sesuai arahan wakapolda, lanjut dia, program itu diharapkan dilaksanakan oleh seluruh jajaran Polres hingga Polsek. Kapolres-Kapolres dan para Kapolsek diminta untuk melakukan gerakan Subuh Berjamaah dengan warga paling tidak satu minggu sekali.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas melalui Pelatihan Sertifikasi Amil Dasar

“Tujuannya ya di samping untuk ibadah, juga untuk menjalin silaturahmi dengan masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat,” tambah Dedy.

Dalam kegiatan Subuh berjamaah ini, tambah dia, polisi diminta untuk berceramah menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas. Sikap toleransi dan kebhinnekaan yang mulai memudar.

Baca Juga:  Bandara Internasional Jawa Barat Selesai Mei 2018

“Paling tidak polisi ceramah di atas mimbar selama 5 menit untuk mengampaikan pesan Kamtibmas agar Pilkada berjalan aman dan sejuk,” ungkapnya.

Ditambahkanny, polisi juga diharapkan bisa menggalang informasi dari masyarakat terkait situasi Kamtibmas sehingga bisa melakukan upaya preventif.

“Sehingga kami bisa mengantisipasi potensi gangguan Kamtibmas sebelum menjadi aksi nyata,” tandasnya. (Gin)