400 Personil Gabungan Amankan Cap Gomeh

JABARNEWS | KOTA CIREBON – Rangkaian perayaan tahun baru Imlek selama 15 hari akan segera berakhir pada Jumat (02/03/2018). Itu ditandai dengan perayaan Cap Gomeh.

Sebagaimana biasanya, puncak Cap Gomeh akan ditutup dengan adanya kirab budaya atau pawai dengan mengarak semua dewa yang ada di kuil.

Kapolres Cirebon Kota, AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar, melalui Kabag Ops Polres Cirebon kota, Kompol Purnama, mengatakan, untuk pengamanan dari puncak perayaan Imlek, jajaran Polres Cirebon Kota siapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Legenda Balap Indonesia Tjetjep Heriyana, Berangkat Nonton MotoGP di Mandalika

“Pada perayaan Cap Gomeh nanti kan bentuknya pawai. Tentu akan kita siapkan pasukan untuk mengamankan. Ada beberapa rute yang harus kita amankan,” ungkap Purnama.

Untuk rute yang akan dilalui, rombongan pawai akan mengarak patung-patung dewa dengan mengambil start di Wihara Dewi Welas Asih di Jln. Benteng, Kebumen hingga Kasepuhan. Untuk finis, nanti kembali di Wihara.

Baca Juga:  Tunjuk Kuasa Hukum Pribadi, Gathan Saleh Hilabi Minta Penangguhan Penahanan

Terkait pengamanan nanti, pihaknya juga diakui Purnama telah melakukan koordinasi dengan semua stake holder yang ada. Sehingga semua unsur di daerah akan dilibatkan dalam pengamanan Cap Gomeh.

“Kita juga sudah berkoordinasi dengan stake holder yang ada di daerah, supaya kegiatan berlangsung dengan lancar, aman dan tertib,” lanjut dia.

Mengenai jumlah personil yang akan diturunkan, sebanyak 200 personil dari Polres Cirebon Kota akan diterjunkan.

Baca Juga:  BKPSDM Majalengka: Oknum PNS Salah Gunakan Senpi Bisa Dipecat

Selain itu, bantuan pengamanan juga akan datang dari personel TNI, petugas pemadam kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Cirebon, OKP, serta dibantu petugas dari Dinas Perhubungan.

“Total kurang lebih bisa mencapai 400 personel kita siapkan, karena bergabung dengan dari instansi lain,” ujarnya.(One)

Jabarnews | Berita Jawa Barat