AMSI Jabar: Media Online Makin Berkembang

JABARNEWS | BANDUNG – Pengguna internet di Indonesia kini telah menyentuh angka 143 juta lebih pengguna. Data itu menunjukkan, Indonesia menduduki posisi keenam pengguna internet terbanyak di dunia.

Saat menjadi pembicaera diskusi “Tantangan Media Online Di Era Digital”, di Gedung Landmark, Jln. Braga Bandung, Senin (5/3/2018), Owner/Pemimpin Perusahaan jabarnews.com sekaligus Sekjen Asosiasi Mediad Siber Indonesia (AMSI) Jawa Barat, Riana Afriadi, mengungkapkan, seiring perkembangan era digital, minat pembaca untuk mencari informasi semakin banyak.

Baca Juga:  Diduga Tersambar Kereta, Begini Nasib Wanita Muda di Purwakarta Ini

“Berbicara soal media online ini lebih banyak ikhwalnya. Hadirnya media online saat ini arusnya semakin cepat,” kata Riana dalam diskusi yang digelar di arena Pesta Buku Bandung 2018 itu.

Melihat fenomena tersebut, menurut pria yang akrab disapa Kang Rian ini, pergeseran kebiasaan pembaca dalam mencari informasi saat ini mulai beralih dari yang mencari informasi secara konvensional ke online.

Baca Juga:  Kabar Hoax, WHO Tidak Merekomendasikan Tes Kehamilan Sebelum Vaksinasi

“Bayangkan saja, saat ini pengguna smartphone sangat membludak. Satu orang rata-rata mempunyai satu smartphone. Dengan begitu masyarakat lebih cepat dalam mencari informasi lewat penggunaan Internet,” tuturnya.

Namun, lanjutnya, berbarengan dengan maraknya pengguna smartphone, belum dibarengi oleh media online yang terverifikasi.

Baca Juga:  Berobat Dibayar Baca Alquran

“Dari 43.000 media online yang tersebar di Indonesia, hanya 168 media online yang terverifikasi Dewan Pers,” terangnya.

Meski begitu, ia yakin media online akan semakin berkembang di tengah perkembangan era digital.

“Kepada seluruh media online untuk segera melengkapi aspek-aspek yang harus dilengkapi dalam verifikasi dari Dewan Pers,” tandasnya. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat