bjb

Sambangi Bandung, IZWCC Bahas Soal Pengelolaan Sampah Plastik

JABARNEWS | BANDUNG – Untuk memperkenalkan konsep zero waste cities dalam pengelolaan sampah, Aliansi Zero Waste Indonesia (AZWl) sambangi Kota Bandung, Senin (05/03/2018). Sebelumnya, acara serupa digelar di Kota Cimahi pada 24 Februari 2018 lalu.

"Penyelenggaraan International Zero Waste Cities Conference (IZWCC) 2018 merupakan upaya untuk memperkenalkan dan mendorong diterapkannya konsep zero waste cities untuk pengelolaan sampah,” kata Ria lsmaria, Ketua Panitia Pengarah IZWCC 2018, saat ditemui di Hotel Papandayan, Kota Bandung, Senin (05/03/2018).

Lewat acara IZWCC yang berlangsung pada 5-6 Maret 2018, pihaknya menjalin kerja sama dengan Direktorat Jendral Pegelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Beracun Berbahaya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung, Pemerintah Kota Cimahi, dan Pemerintah Kabupaten Bandung.

Di samping itu, IZWCC digelar untuk memperingati Tiga Bulan Bebas Sampah dan memperingati Hari Peduli Sampah Nasional 2018.

Selanjutnya Ria menerangkan, IZWCC dimaksudkan untuk mengubah sudut pandang masyarakat dalam pengelolaan sampah. Salah satunya yaitu mengurangi penggunaan plastik sebagai upaya meningkatkan perekonomian dengan cara yang tepat.

"IZWCC menghadirkan perspektif baru bagi para pengambil kebijakan kota dalam mengelola sampah yang terintegrasi melalui peningkatan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat," terangnya.

Ia berharap, melalui IZWCC dapat dijadikan sebuah sarana diskusi yang dapat dilakukan secara berkelanjutan dalam menanggulangi permasalahan sampah.

“IZWCC diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai sesi berbagi dan peningkatan motivasi yang lebih kuat karena menyelesaikan permasalahan sampah harus dilakukan dengan kemitraan yang berkelanjutan," harapnya. (Ted)

Jabarnews | Berita Jawa Barat

 
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi