bjb

Lajur Keselamatan Di Tanjakan Emen Segera Dibangun

JABARNEWS | SUBANG- Pemerintah Kabupaten Subang berencana segera melakukan pembangunan tiga lajur keselamatan dan relokasi jalan (jalan lingkar), di jalur tanjakan atau turunan Subang - Bandung biasa dikenal tanjakan Emen kini tanjakan Aman. Agar jalan tanjakan / turunan Emen yang berada tepatnya di Kampung Dawuan Desa/Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat itu menjadi aman dilintasi.

Hal itu muncul dalam pembahasan rapat geometri jalan tanjakan Emen bersama KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi) dan intansi terkait di ruangan bupati Subang.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Subang Rona Mairansyah, pembuatan jalan tambahan untuk lajur keselamatan di daerah “Tanjakan Emen” tersebut akan dimulai pada bulan Maret 2018.

"Insya Allah bulan Maret (2018) kegiatan tersebut akan dikerjakan. Langsung lelang,” ujar Rona, Minggu (11/3/2018).

Rona juga mengaku jika pihaknya telah mendapat konfirmasi dari KNKT akan dibangun tiga titik lajur keselamatan di lokasi.

"Kita sudah konfirm di tiga titik yang sudah ditentukan oleh KNKT," ujarnya.

Rona menyebutkan, pembuatan tiga jalur keselamatan ( jalur lingkar), rencananya akan menelan biaya sekitar Rp 8 miliar. Untuk pengerjaannya, dikerjakan dengan menggunakan bahan-bahan tertentu yang bisa menghambat laju kendaraan secara gradual.

Fungsi jalur keselamatan ini nantinya untuk mengantisipasi kendaraan yang tidak terkendali ketika di turunan misalnya akibat rem blong.

"Intinya, kendaraan yang melintasi jalur ini betul betul aman, sesuai namanya "Tanjakan Aman," pungkas Rona.

Seperti diketahui di lokasi tersebut sering terjadi kecelakaan yang menimbukan korban jiwa. Peristiwa kecelakaan terakhir pada 10 Pebruari 2018 lalu yang menimpa satu bis pariwisata dan menimbulkan banyak korban. (Mar)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi