Sering Dianggap Sehat, Ternyata Ini Efek Sampingnya

JABARNEWS | BANDUNG – Memiliki gigi putih bersih dan indah memang dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang terlebih saat tersenyum. Perawatan dalam menjaga gigi agar tetap sehat pun harus selalu diperhatikan. Namun tahukah anda? Ternyata ada banyak efek samping dari aktifitas kesehatan gigi yang selama ini dilakukan.

Berikut di bawah ini adalah beberapa efek samping dari aktifitas kesehatan gigi yang selama ini mungkin beleum anda ketahui, diantaranya:

1.Terlalu sering menyikat gigi

Kita sering kali diberitahu untuk menyikat gigi setelah makan. Namun faktanya, jika pH dari makanan atau minuman yang dikonsumsi mengandung acid, maka menyikat gigi setelah makan bisa merusak gigi karena menyebabkan abrasi. Akan lebih baik jika anda berkumur dengan air putih lalu menunggu selama 30 hingga 60 menit sebelum menyikat gigi. Dengan begitu, kandungan acid yang bisa merusak enamel akan dinetralisir terlebih dahulu.

Baca Juga:  Paskhas AU Siap Bantu SAR Medan Dalam Operasi Pencarian Orang

2.Terlalu sering memutihkan gigi

Anda mungkin sering berpikir, semakin putih gigi maka semakin sehat. Pengertian tersebut ternyata salah. Melakukan pemutihan yang berlebihan – berkali-kali dalam sehari atau seminggu , bisa membuat gigi menjadi super sensitif. Jika anda merasa gigi terasa nyeri saat disikat atau makan makanan panas atau dingin, anda perlu mengurangi penggunaan pemutih gigi.

3.Bulu sikat yang terlalu keras

Perlu diketahui, sikat gigi yang digunakan memiliki pengaruh yang besar pada kesehatan mulut dan gigi anda. Jika anda menggunakan sikat gigi dengan bulu keras, maka ini akan mengakibatkan erosi pada gusi dan enamel. Plak-plak sisa makanan sebenarnya lebih mudah terangkat jika menggunakan sikat dengan bulu halus. Sangat diasrankan untuk menyikat dengan perlahan dalam gerakan berputar, agar dapat membersihkan gigi secara menyeluruh.

Baca Juga:  TP4D Pantau Proyek Pembangunan Di Kota Cirebon

4.Menggunakan mouthwash beralkohol

Obat kumur bisa membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut tapi hanya terjadi pada jenis bebas gula dan alkohol. Penggunaan mouthwash yang mengandung alkohol secara berlebihan ternyata bisa membuat soft tissue dalam mulut terkena iritasi dan hal ini seringkali dihubungkan dengan resiko terkena kanker mulut. Alkohol yang terkandung dalam obat kumur bisa mengeringkan tissue dan membunuh bakteri baik yang melindungi gigi dan mulut.

5.Menyikat terlalu kuat

Seperti tidak cukup mengingatkan anda untuk tidak menyikat gigi terlalu sering dan menggunakan jenis sikat yang tepat. Anda juga harus selalu ingat untuk tidak menyikat gigi terlalu kuat. Beberapa orang menganggap bahwa dengan menyikat gigi sekuat mungkin membuat gigi lebih bersih. Padahal hal ini bisa mengakibatkan iritasi pada gusi dan rusaknya enamel.

6.Menggunakan tusuk gigi

Terkadang anda pasti menggunakan tusuk gigi untuk mengangkat sisa makanan di celah gigi yang menganggu. Tapi nyatanya tusuk gigi ini bisa menyebabkan kerusakan pada gigi, apalagi jika anda tidak menggunakannya dengan tepat. Jika anda mencolok dengan tusuk gigi terlalu sering dan terlalu kuat, maka hal ini hanya akan memberikan efek yang buruk bagi enamel, memperluas jarak gigi bahkan membuat gusi menyusut.

Baca Juga:  Perlindungan Kemensos Mulai Sasar Desa Ciwalen, 260 KPM Terima Beras 10 Kg

Itulah tadi beberapa efek samping dari aktifitas kesehatan gigi yang selama ini mungkin beleum anda ketahui. Semoga info di atas dapat bermanfaat bagi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari cosmopolitan.co.id

Jabarnews | Berita Jawa Barat