Budi Janji Aktualisasi Senbud Subang

JABARNEWS | SUBANG - Untuk menjamin kelestarian seni dan budaya di Kabupaten Subang, salah satunya adalah dengan membangun gedung kesenian yang layak bagi para seniman. Dan itu merupakan kewajiban negara mengadakan fasilitas kesenian sebagai tempat aktualisasi warga. Demikian diungkapkan Calon Wakil Bupati Subang nomor urut 3 Budi Setiadi dalam kunjungannya ke komunitas Lingkung Seni Sisingaan Grup Tresnawati di Dusun Cicadas Dangdeur Subang.
"Salah satu misi kami adalah mengaktualisasikan adat istiadat dan nilai sosial budaya masyarakat Subang," kata Budi disela sela kunjungannya, Minggu(11/3/2018).
Menurut Budi, dengan adanya gedung kesenian, fungsinya tak hanya sebagai tempat mentas pelaku seni, tapi bisa menjadi destinasi pertunjukan yang menambah daya tarik wisata Subang.
"Insyaallah jika saya terpilih," ujar pasangan calon Bupati Dedi J yang diusung PDI-P.
Karena dengan demikian, lanjut Budi, budayawan dan seniman tidak akan kebingungan lagi mencari tempat untuk menggelar pertunjukkan.
"Ingat, Subang ini kan tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya saja, tapi juga kaya akan seni budaya, sudah sepantasnya memiliki gedung kesenian khusus," tambahnya.
Menurut Budi, seharusnya konsep aktualisasi adat istiadat dan nilai sosial budaya ini sudah tertuang dalam peraturan daerah. Agar mampu dan bisa mengakomodir segala yang berkaitan dengan kebudayaan. Kebudayaan sebagai jati diri fondasi pembangunan sumber daya manusia yang kokoh dan maju.
Yana (36) pelaku seni sisingaan,mengaku sepakat dengan pemikiran calon bupati Subang ini, karena menurutnya selama ini para seniman dan budayawan Subang belum memiliki tempat khusus untuk show off force atau menampilkan karya mereka di hadapan publik. Keberadaan gedung pusat seni dan budaya diharapkan bisa menampung kebutuhan berkesenian di Kabupaten Subang.
"Subang ini kaya seni budayanya,  tapi mau sampai kapan kesenian kita ini bisa menjadi destinasi wisata di tanah Subang. Karena sarana pedukungnya pun kita gak punya. Ya, mudah mudahan niatan Pak Budi ini bisa terlaksana. Dan kami pun siap mendukungnya" ujar Yana. (Mar)
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
teu baleg

berita terkait