bjb

700 Burung, Ramaikan Kontes Kicau Burung Di Tasikmalaya

JABARNEWS|KOTA TASIKMALAYA – Demi meraih piala dan tropy Walikota Cup 2018. 700 Pencinta Burung Kicau Mania Kolbri Ninja Tasikmalaya turut ramaikan pameran dan kontes burung berkicau, di pasar burung Cikurubuk Kota Tasikmalaya.
Pada kontes yang mempertandingkan 19 kelas itu, memperebutkan trophy dan uang tunai jutaan rupiah, serta piagam penghargaan dari Walikota Tasikmalaya.
Ketua panitia Asep Misbah mengatakan, tujuan digelar kontes ini guna menjalin silaturahmi sesama pecinta burung dan memperkenalkan pasar wisata burung khususnya di wilayah kota Tasikmalaya kepada pengunjung dari luar kota tasikmalaya.
"Ada 700 peserta yang mengikuti kontes ini. Hadiahnya, kita siapkan jutaan rupiah, dan tropy penghargaan dari walikota Tasikmalaya Drs.H.Budi Budiman.,"ujar Asep, Minggu (12/03/2018).
Lanjut Asep, sebenarnya kegiatan kontes kicau burung ini, rutin digelar, untuk semua kelas burung.
"Setiap hari selasa, kita pertandingkan Love Bird, hari Jumat siang kelas Next Show, dan untuk Lapresh di adakan setiap sebulan sekali," pungkas Asep sambil memberi instruksi kepada para peserta untuk meletakkan burung jagoannya di tempat kontes yang telah disediakan.
Sementara Ketua Umum kicau mania, Deni Otik, mengatakan, peserta bukan hanya dari kota Tasikmalaya tetapi juga dari luar dari daerah seperti Kota Bandung, Garut,Ciamis, Banjar ,Pangabdaran dan Cirebon. Sedangkan untuk penilaian dilakukan oleh juri-juri Kolibri Ninja Tasikmalaya (KNI) yang sudah berpengalaman.
"Kontes kali ini ada 19 kelas yang kita pertandingkan," ucapnya singkat.
Para peserta lomba mengapresiasi kegiatan kontes burung yang digelar oleh organisasi  terkenal di seluruh Indonesia yakni KNI dan Ronggolawe.
Sekedar informasi, KNI adalah organisasi kicau mania yang tersebar di Pringan Timur. Tidak hanya di Tasikmalaya, KNI juga tersebar di beberapa daerah, seperti Bandung, Bogor, Banjar, dan sumedang.
Pada perlombaan kali ini, empat kelas dilombakan terdiri atas 19 sesi. Kelas utama Wali Kota Ronggolawe (tiket Rp40.000) terdiri atas Murai batu ring, Lovebird, Anis merah dan Lovebird baby, juara 1 sampai IV mendapat trofi eksklusif dan uang pembinaan sebesar Rp500.000-Rp50.000 .
Kelas PPBC (tiket Rp30.000) melombakan Lovebird dewasa/baby, cucak hijau, kacer, kenari standar bebas, dan kenari standar kalitan. Juara I sampai IV mendapat trofi dan uang pembinaan Rp300.000-Rp50.000. Untuk Kelas Mega Bintang pendaftaran(Rp25.000)melombakan Anis merah,kenari,kacer,lovebird dewasa dan baby,kores,campuran juara I sampai IV juga mendapat trofi Rp250.000-Rp30.000.
Dan untuk kelas Bintang (tiket Rp15.000) yang dilombakan Lovebird Dewasa dan Bany,Conin. Juara 1 sampai IV mendapatkan trofi penghargaan Rp150.000-Rp30.000. Serta untuk juara umum PPBC dan KNI memperoleh trofi dan uang pembinaan masing-masing Rp500.000. Juara umum diambil dari juara 1 terbanyak. (Yud).
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait