Atasi Kulit Siku Kering Dengan Cara Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Kulit di bagian siku memang berbeda dengan kulit di bagian tubuh lainnya.

Umumnya, kaum wanita mengalami masalah siku kering. Area siku memang lebih mudah mengalami kekeringan. Siku kering disebabkan karena tebalnya kulit pada area siku karena harus mampu menahan gerakan peregangan secara konstan.

Selain itu, kelenjar minyak pada area siku pun lebih sedikit, sehingga bagian ini cenderung lebih mudah kering jika dibandingkan dengan area kulit lainnya.

Selain akibat ketebalan kulit dan minimnya kelenjar minyak pada siku, ada pun beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan siku kering.

Beberapa faktornya ialah terjadinya gesekan antara kulit dan pakaian, dehidrasi, kebiasaan merokok, perubahan hormon, dan penyakit kulit eczema.

Siku kering memang tidak akan berdampak fatal bagi kesehatan anda. Namun, siku kering sering dianggap mengganggu karena tampilannya yang terlihat gelap dan kusam. Bahkan jika didiamkan, maka kondisi yang terlalu kering dapat menimbulkan rasa sakit atau perih.

Baca Juga:  Simak! Inilah Syarat Perpanjangan SIM Online

Berilut di bawah ini beberapa cara untuk merawat siku anda agar terhindar dari siku kering, diantaranya:

Rutin melakukan eksfoliasi

Tak hanya ulit wajah saja yang perlu untuk anda eksfoliasi, namun kulit siku pun membutuhkan eksfoliasi rutin. Anda dapat melakukan eksfoliasi kulit siku saat mandi sebanyak 2-3 kali seminggu, dengan menggunakan loofahpumice, atau exfoliating scrub. Eksfoliasi dapat membantu mengangkat tumpukan sel kulit mati dan membuat siku menjadi terlihat sehat, cerah, dan halus. Sesudah melakukan eksfoliasi, disarankan untuk segera mengaplikasikan pelembap pada siku anda.

Turunkan suhu air mandi

Mandi dan berendam air hangat setelah seharian beraktivitas mungkin terdengar menyenangkan. Namun, kebiasaan ini justru dapat membuat kulit siku semakin kering. Cobalah turunkan suhu air mandi menjadi hangat suam-suam kuku. Dengan begitu, air mandi yang digunakan tidak akan bersifat terlalu mengeringkan. Selain itu, mandi dalam durasi yang lama pun dapat menyebabkan kulit siku kering. Sangat disarankan untuk membatasi waktu mandi dan berendam menggunakan air hangat untuk mencegah kulit semakin kering.

Baca Juga:  Pembangunan Garge Mall Dan Hotel Terbengkalai

Bahan pakaian yang dikenakan

Pakaian atau selimut yang anda gunakan sehari-hari dapat menjadi salah satu penyebab dari siku kering, khususnya bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Ada beberapa jenis kain tertentu yang dapat menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit sensitif. Jika anda menyadari perubahan tekstur saat kulit bergesekan dengan jenis kain tertentu, segera hentikan penggunaan material tersebut dan ganti dengan kain yang lebih ramah terhadap kulit anda. Selain memperhatikan material pakaian dan selimut, pastikan juga detergen yang anda gunakan bebas dari iritan yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Gunakan humidifier

Tinggal di ruangan dengan udara yang kering dapat menyebabkan kulit semakin kering. Penggunaan AC yang berlebihan memang dapat membuat kulit di area siku menjadi kering. Untuk mengatasi masalah ini, anda dapag menggunakan humidifier untuk meningkatkan kelembapan pada udara dan membantu melembapkan kulit. Namun ada satu hal yang perlu anda ingat saat menggunakan humidifier, selalu jaga kebersihan humidifier dan ganti air setiap sehabis penggunaan.

Baca Juga:  MUI dan Tokoh Agama di Purwakarta Tolak Ajakan People Power

Gunakan emollient cream

Cara terakhir untuk mengatasi siku kering adalah dengan menggunakan pelembab dengan intensitas tinggi. Salah satu produk yang dapat anda gunakan untuk merawat siku kering adalah emolient cream. Jenis krim ini dapat menjaga hidrasi pada kulit sekaligus membentuk lapisan pelindung kulit. Agar kelembaban kulit sikut dapat terjaga secara maksimal, anda dapat mencari produk yang memiliki kandungan lanolinsoy streol, dan sunflower seed oil.

Itulah tadi beberapa cara untuk merawat siku anda agar terhindar dari siku kering. Semoga tips di atas dapat bermanfaat dan menginspirasi anda. (Fin)

Sumber berita ini diambil dari vemale.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat