Expo Aksi Spensa 2018

JABARNEWS | PURWAKARTA – SMPN 1 Purwakarta (Spensa) menggelar Expo Ajang Kreasi Seni dan Sains (Aksi) Spensa 2018 di Kampus Spensa Jl. Kolonel Kornel Singawinata No. 60, Kelurahan Nagri Kidul, Purwakarta, Senin (12/3/2018).

Ketua Panitia, Lina Herlina, mengatakan, Expo Aksi Spensa ini baru pertama kali digelar. Namun, animo siswa, orangtua, alumni, dan masyarakat umum terhadap kegiatan ini sangat tinggi.

Baca Juga:  Fantastis! Petani Milenial Dapat Kucuran Dana KUR Rp1,1 Triliun

“Expo ini menampilkan berbagai kreativitas siswa dari kelas 7 dan 8, baik itu berupa pameran karya siswa mau pun pertunjukkan seni. Ini sesuai dengan tema yang diangkat, yakni Kita Tingkatkan Mutu Pendidikan yang Kreatif, Inovatif, dan Berkarakter Kebangsaan,” ujarnya.

Para siswa, kata Lina, diminta untuk membuat suatu produk kreatif dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitarnya. Sehingga, menjadi karya seni dan bernilai ekonomi. Karya tersebut dipamerkan pada ajang ini dan dijual,” kata Lina.

Baca Juga:  Polresta Cirebon Berhasil Gagalkan Penyeludupan Narkoba Dalam Sandal

Melalui ajang ini pula, sambungnya, siswa mempraktikkan ilmu yang didapatnya di kelas serta mengasah kemampuannya dalam menciptkan suatu karya seni.

“Siswa harus dapat mempresentasikan karya yang dibuatnya, men-displaynya dengan baik,” ujarnya.

Bidang Humas SMPN 1 Purwakarta, Esa Wicaksono, mengatakan, produk kreatif yang ditampilkan siswa akan dinilai dan ada reward bagi yang terbaik.

Baca Juga:  Waduh, Pedagang Keliling di Sumedang Meninggal karena Covid-19

“Penilaian meliputi hasil karya, sikap, dan kostum daerah yang dikenakan siswa. Ada pun reward-nya berupa piala dan kadeudeuh,” katanya.

Salah satu stand milik kelas 8 I menampilkan adat dan budaya Dayak khas Pulau Kalimantan. Di stand ini pula menampilkan berbagai lampu hias berbahan paralon bekas. (Gin)

Jabarnews | Berita Jawa Barat