bjb

Pekan Depan, Operasi Siswa Pengendara Motor Dan Mobil

JABARNEWS | BANDUNG - Masih banyaknya siswa yang berangkat ke sekolah dengan membawa kendaraan sendiri, baik roda dua maupun empat, mendapat perhatian serius dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung. Yang memprihatinkan, para siswa itu tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM)

Sekretaris Dishub Kota Bandung, Anton Sunarwibowo, mengatakan, Dishub bekerja sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) dan Polrestabes Bandung serta komunitas Gerakan Bandung Disiplin menggagas kampanye “Disiplin Dimulai dari Sekolah”.

"Kampanye ini bertujuan memberikan edukasi kepada anak-anak sekolah dan orang tua agar memperhatikan keselamatan dan kedisiplinan. Kami kan tidak punya akses kepada orang tua siswa. Untuk itu, kami bekerja sama dengan Disdik untuk melakukan sosialisasi ke sekolah,” jelas Anton, Rabu (14/3/2018).

Anton menyebutkan, kampanye akan dilaksanakan pada Senin, 19 Maret 2018. Selama 4 pekan, tim akan intensif melakukan langkah persuasif, kolaboratif, dan represif kepada para siswa dan sekolah.

Langkah persuasi, lanjutnya, dilakukan melalui sosialisasi di berbagai media, salah satunya media sosial.

"Aksi kolaboratif akan dilakukan dengan pihak sekolah dengan mendorong sekolah memperketat aturan soal izin membawa sepeda motor ke sekolah," ujarnya.

Ditambahkannya, salah satu upaya yang bisa dilakukan sekolah yaitu mengecek satu persatu siswa yang menggunakan kendaraan dan kepemilikan SIM. Selanjutnya, siswa yang telah didata diberi kartu.

"Untuk langkah represif dilakukan melalui gerakan penegakkan hukum bersama dengan Satlantas Polrestabes Bandung di beberapa titik sekitar sekolah. Dalam sehari, akan ada dua sekolah yang dipilih secara acak untuk dilakukan pengawasan dan penindakan," tandasnya. (Des)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi