AC Jangan Langsung Dinyalakan, Ini Langkahnya

JABARNEWS | BANDUNG – Memarkirkan mobil di tempat terbuka pada siang hari memang memiliki banyak resiko dan diantaranya ialah semakin meningkatnya suhu didalam kabin.

Hal tersebut dikarenakan sinar matahari yang langsung menyinari kendaraan tanpa terhalang apapun. Suhu panas didalam kabin pun akan semakin meningkat karena material yang ada didalam mobil dapat menyimpan panas seperti dasboard, jok, door trim dan komponen-komponen lainnya.

Baca Juga:  Pemkot Bandung Bahas Percepat Perizinan IMB

Dalam kondisi tersebut, pengendara disarankan untuk tidak langsung menyalakan pendingin udara atau AC. Bukan tanpa sebab, hal ini karena AC akan dipaksa bekerja lebih keras dan lebih lama untuk mendinginkan suhu didalam kabin.

Sangat disarankan untuk membuka kaca mobil terlebih dahulu, demi kerja AC yang akan lebih efektif dalam mendinginkan kabin.

Selain itu, hal ini pun bertujuan untuk mengurangi udara panas di dalam mobil dan digantikan dengan udara yang lebih segar tentunya. Bukalah kaca kendaraan berjalan beberapa meter agar pergantian udara bisa lebih cepat terjadi. Setelah itu, anda dapat menghidupkan AC seperti biasanya setelah tidak merasa pengap karena udara panas.

Baca Juga:  Menteri Rini Tunjuk Seger Budiarjo Sebgai Plt Dirut PTPN III

Namun perlu anda ketahui, setelah AC dinyalakan bukan berarti kaca jendela sudah bisa ditutup secara langsung. Tidak ada salahnya untuk tetap membuka kaca penumpang belakang sebesar kurang lebih 5 cm. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa udara panas sudah benar-benar keluar. Jika sudah dirasa tidak ada udara panas di dalam mobil, maka anda pun sudah dapat menutup semua kaca jendela mobil dan menikmati udara segar dari hembusan AC mobil anda. (Fin)

Baca Juga:  Inilah Pesan Aher Untuk Kepala BI Jabar

Sumber berita ini diambil dari mobil123.com

Jabarnews | Berita Jawa Barat