Ciamis Terancam Gagal Raih Adipura

JABARNEWS | CIAMIS – Kabupaten Ciamis terancam gagal meraih Piala Adipura pada tahun ini. Itu dipicu masih banyaknya coretan-coretan liar di sekitar pusat kota Ciamis.

Pantauan Jabarnews,  Jumat (16/3/2018), di seputar Tugu Atlet, terpampang jelas tulisan liar “Hantu adalah Kenangan”. Kondisi itu di sangat  mengganggu keindahan tugu. Tulisan liar lainnya, juga terlihat di beberapa kawasan, seperti di Lapang Lokasana, Alun-alun, dan Terminal Ciamis.

Baca Juga:  RW Desa Cihanjawar Dapat Smarphone dari Pemprov Jabar

Menghadapi kondisi itu, Pemkab terus melakukan pembenahan, mulai dari menertibkan pedagang kaki lima hingga pengecatan trotoar dan membersihkan coretan-coretan liar di dinding.

Kabid Kebersihan Persampahan dan Pertamanan Dinas Perkim LH Pemkab Cimis, Bayu Rahmana, mengatakan, masih kotornya Ciamis oleh coretan-coretan liar sangat berpengaruh terhadap penilaian Adipura.

Baca Juga:  Selama Covid-19 Stok Darah Di PMI Kota Depok Tak Pernah Ideal

“Munculnya coretan-coretan liar itu sangat disesalkan. Soalnya, penilaian Adipura tengah dilakukan, mulai Kamis hingga Sabtu (15-17/3/2018),” terangnya, Jumat (16/3/2018).

Dikatakannya, coretan itu diduga dilakukan oleh orang-orang kreatif, namun penempatannya yang salah. Mungkin, lanjutnya, pelaku berulah saat petugas dari Dinas Perkim LH lengah.

“Itu mungkin dilakukan malam hari. Saya meminta kepada masyarakat untuk bisa kerja sama. Jika melihat para pelaku aksi jahil ini, tegor saja. Atau jika perlu, laporkan ke pihak berwajib,” tegasnya.

Baca Juga:  Berburu Oleh-oleh Khas Kuningan Di Cijoho

Diketahui,  Kabupaten Ciamis meraih Piala Adipura pada 2016. Namun penghargaaan dari Kementerian Lingkungan Hidup itu gagal dipertahankan pada 2017.  (Yud)

Jabarnews | Berita Jawa Barat