bjb

Google Lens Kini Hadir Di Android Dan iOS

JABARNEWS | BANDUNG - Google resmi menghadirkan teknologi tools terbarunya yang bernama Google Lens ke dalam perangkat iOS. Teknologi yang berbasis dari kecerdasan buatan ini dapat diakses melalui aplikasi Google Photos.
Google Lens diciptakan dengan kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) dan Machine Learning milik Google untuk mendeteksi objek secara cerdas, langsung dari kamera perangkat Android.
Khusus bagi perangkat iOS, jika pengguna menyalakan pengaturan aktivitas web dan aplikasi, maka aktivitas yang dilakukan Lens pun akan tersimpan otomatis ke dalam akun Google. History penggunaan Lens pun dapat dihapus melalui laman My Activity.
Lens dapat digunakan dalam berbagai jenis gambar, seperti gambar kartu nama, buku, landmark, bangunan, lukisan, tanaman, binatang, bahkan billboards. Jika Lens digunakan pada foto yang berisi alamat atau nomor telepon, maka informasi tersebut akan dapat langsung disimpan ke dalam daftar kontak di dalam ponsel, atau menambahkan sebuah event di dalam kalender.
Google Lens pertama diperkenalkan ke publik pada Oktober 2017 lalu, tepatnya saat peluncuran Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Kemudian Google mulai menyebar Lens ke perangkat Android lain pada awal Maret ini.
CEO Google, Sundar Pichai mengungkapkan, Google Lens menciptakan algoritma yang memungkinkan kamera perangkat Android tak hanya membidik apa yang dilihat, tetapi juga menangkap momen apa yang dibidik. Untuk memaksimalkan fungsinya agar kian cerdas, Google Lens akan dibantu oleh Google Assistant.
"Google Lens akan mengerti apa yang pengguna lihat dan membantunya lebih mudah saat membidik objek,” tutur Pichar menjelaskan di tengah sesi keynote Google I/O 2017 yang berlokasi di Shoreline Amphitheatre, California, Rabu (17/5/2017) waktu setempat.
Saat mendemonstrasikan Google Lens, ia memperlihatkan bagaimana menggunakan Google Lens langsung dari perangkat Android.
Secara mekanisme, Google Lens diklaim akan sangat membantu penggunanya kelak. (Fin)
Sumber berita ini diambil dari liputan6.com
Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :
properti

berita terkait