bjb

Curug Citarik, Perekat Jodoh Untuk Para Jomblo

JABARNEWS | GARUT - Satu lagi destinasi wisata baru terdapat di wilayah utara Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Destinasi itu yakni Curug Citarik yang bersumber dari Danau Citarik, di Desa Sakawayana, Malangbong.

Air terjun berketinggian 23 meter ini konon menyimpan mitos. Warga percaya air terjun ini dapat merekatkan jodoh bagi para jomblo.

Kepala Desa Sakawayana, Isra, mengatakan, di tempat itu para pengunjung selain dapat menikmati keindahan alam kawasan Curug Citarik,  juga dipercaya jadi tempat untuk perekat jodoh.

"Pengunjung yang datang ke tempat itu, akan mendapatkan jodoh bagi para jomblo dan bila yang sudah memiliki pasangan maka pasangannya akan langgeng," kata Isra, kepada Jabarnews, Selasa (20/3/2018).

Dikatakan Isra, curug ini sudah ada sejak munculnya peradaban Sasakala Sakawayana yang melegenda di daerah itu. Selanjutnya, tempat wisata ini terus dieksplor seiring pengembangan pembangunan terutama di sektor pariwisata.

Selanjutnya Isra menyebutkan, di seputar Curug Citarik terdapat makam keramat berumur ratusan tahun.

“Di pemakaman tersebut ada anak turunan dari Sunan Gunung Djati yaitu yang bernama Aki Wikanta, anak dari Haji Yasin dan Nini Ceni. Keduanya merupakan anak dari uyut Impung (turunan Prabu Geusan Ulun dan Pucuk Umun/keturunan dari Sunan Gunung Djati),” ujarnya.

Keseriusan Kepala Desa Sakawayana untuk mengembangkan Curug Citarik tentu perlu didukung oleh warga.

“Saya berpesan kepada warga agar bisa memanfaatkan dan mengembangkan setiap potensi yang ada di lingkungannya masing-masing. Potensi desa ini, seperti Curug Citarik, adalah aset yang akan ditata sedemikian rupa,” pungkasnya . (Taf)

Jabarnews | Berita Jawa Barat
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi