SMAN 1 Purwakarta Miliki 1 Kelas CI

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Sekolah Menangah Atas Negeri (SMAN) 1 Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat memiliki 1 kelas khusus yaitu kelas Cerdas Istimewa (CI).

Dalam kelas tersebut nantinya hanya diisi maksimal 20 pelajar yang sudah melalui proses seleksi yang cukup ketat oleh pihak sekolah.

“Setiap tahunnya di sekolah kita ada 1 kelas khusus yaitu kelas Cerdas Istimewa,” kata Kepala SMAN 1 Purwakarta Asep Mulyana, S.Pd., M.Pd. saat ditemui belum lama ini.

Asep menjelaskan sejumlah persyaratan akan diikuti para calon siswa SMAN 1 Purwakarta yang nantinya akan duduk di kelas CI, diantaranya siswa minimal memiliki nilai rata-rata 80 saat duduk di jenjang pendidikan SMP.

“Ada beberapa tes yang akan dilalui calon siswa CI, salah satunya siswa tersebut memiliki Intelligence Quotient (IQ) minimal 130,” jelas Asep.

Setelah dinyatakan lolos dalam tes awal, calon siswa CI juga akan mengikuti beberapa tes lainnya, seperti tes Itelejensi, Komitmen dan Kreatifitas.

“Untuk tes tersebut kita akan bekerjasama dengan psikolog dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI),” ungkap Asep.

Untuk ditemui, dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ini, SMAN 1 Purwakarta akan menerima 320 siswa baru.

Sedangkan jadwal pelaksanaan PPDB Online SMA sederajat di Provinsi Jawa Barat untuk Jalur Non Akademis pendaftaran dibuka tanggal 15-18 Mei 2017 dan untuk Jalur Akademis tanggal 3-8 Juli 2017. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat