Puluhan Poktan Purwakarta Ikuti Sosialisasi Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang

JABAR NEWS | PURWAKARTA – Bertempat di Hotel Grand Situ Buled Kabupaten Purwakarta, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Barat menggelar kegiatan Sosialisasi Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang (SRG), rabu (10/05/2017). Acara tersebut diikuti oleh puluhan kelompok tani (Poktan) Kabupaten Purwakarta.

Panitia pelaksana kegiatan, Wita Gusrianita menjelaskan kegiatan tersebut difasilitasi oleh Pemkab Purwakarta melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan. Tujuannya memberikan informasi tentang Program Kementerian Perdagangan RI mengenai Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang kepada seluruh Poktan yang hadir.

Mulai dari pendaftaran, pengajuan penyimpanan hasil komoditi para Poktan di gudang SRG, terbitnya Resi Gudang SRG sampai kepada pengajuan penjualan atau pembelian komoditi di Pasar Lelang.

“Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan pengetahuan kepada seluruh Poktan mengenai alternatif pemasaran hasil komoditi yang mereka hasilkan,” jelas Wita saat ditemui awak media di lokasi kegiatan.

Wita menambahkan, dengan sistem resi gudang, petani bisa mendapatkan harga yang lebih baik dengan menunda waktu penjualan. Selain itu, terjamin juga kualitas dan kuantitas barang yang disimpan.

Melalui sistem ini, petani mendapat pembiayaan dengan cara yang tepat dan mudah. Sistem Resi Gudang dapat meminimalisir tengkulak atau ijon yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan petani.

Sedangkan mengenai Pasar Lelang, petani mempunyai solusi alternatif pemasaran komoditi agro yang dimilikinya.

“Peserta yang hadir mendapatkan materi dari pihak Bappepti Kementrian Perdagangan, Koperasi Pasar Lelang Provinsi Jawa Barat serta Manager Pengelola Gudang dari Kabupaten Cianjur,” tambah Wita yang saat ini juga menjabat sebagai Kabid Perdagangan pada Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta.

Sementara itu Kepala Dinas Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta Entis Sutisna berharap kepada semua peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut dapat memberikan informasi kepada para petani maupun Poktan yang tidak bisa hadir, sehingga semua petani dan Poktan yang ada di kabupaten Purwakarta bisa mengetahui apa itu Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang.

“Purwakarta sendiri sudah memiliki gudangnya dan saya meminta dalam kesempatan ini kepada pihak Provinsi bisa memberikan petunjuk sistem pengelolaannya sehingga gudang tersebut bisa segera dimanfaatkan dengan maksimal,” pungkas Entis. (Zal)

Jabar News | Berita Jawa Barat