bjb
itcbet

Mengenal Kampung Muslim Warga Asal Timor Timur

JABARNEWS | SUMEDANG - Pergolakan menjelang kemerdekaan Timor Timur pada 1998, memunculkan perasaan tidak nyaman di kalangan umat Islam di Bumi Lorosae itu. Karena bentrok yang tidak bisa dihindarkan dengan sesama warga Timor Timur lainnya, akhirnya beberapa warga Timor Timur yang menganut agama Islam memilih untuk eksodus ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Barat.

Awalnya, tokoh-tokoh muslim asal Timor Timur di Jawa Barat memilih kawasan Kebonkopi, Cibeureum, Kota Cimahi sebagai lokasi untuk merapatkan barisan. Untuk lebih mempererat jalinan silaturahmi antara muslim asal Timor Timur, pada 1998, lima tokoh muslim asal provinsi ke-27 di masa orde baru itu, sepakat untuk membuat Yayasan Lemorai Timor Indonesia.



“Kelima tokoh muslim itu yakni Hasan Basri RF, Arief Marzuki Varela, Muhammad Yasir, Salma Alfaris, dan Rahim. Pembentukan yayasan itu bertujuan untuk memberikan pembinaan dan memasiitasi pendidikan untuk anak-anak muslim asal Timor Timur,” kata Ketua Yayasan Lemorai Timor Indonesia, Al Siti Khodijah IDS, kepada Jabarnews, beberapa waktu lalu.

Menurut perempuan yang sebelum menjadi muslimah bernama Isabel Dasilbah itu, saat Yayasan Lemorai Timor Indonesia berdiri, pengurus yayasan berhasil membawa empat anak dari kawasan Timor Timur ke Kebonkopi, Cimahi.
Halaman selanjutnya
Tags :

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi